Info

Viral Usus Gadis 11 Tahun Ini Penuh Kotoran Gara-gara Jarang Makan Sayur

Ia membawa anaknya ke dokter saat sakit perut gadis 11 tahun itu tak sembuh selama 2 hari.

Vika Widiastuti

Seorang anak sakit perut karena banyak kotoran menumpuk di usus lantaran tak suka makan sayur. (Facebook/Afiza Jamaludin)
Seorang anak sakit perut karena banyak kotoran menumpuk di usus lantaran tak suka makan sayur. (Facebook/Afiza Jamaludin)

Himedik.com - Mengira sakit perut yang dialami putrinya hanya karena masalah lambung, seorang ibu di Malaysia tak menyangka menemukan fakta lain.

Namun, ternyata itu bukan sakit biasa. Seperti yang diungkapkannya melalui postingannya di akun Facebook-nya, Afiza Jamaludin, Rabu (10/13/2019).

Ia mengatakan, awalnya putrinya yang berusia 11 tahun sering mengalami sakit perut, bahkan pernah terjadi selama dua hari.

Dia mengira hal tersebut disebabkan oleh masalah lambung karena dokter sebelumnya mengungkapkan demikian. Jadi, ia pun menggunakan cara yang sama untuk merawat putrinya. Akan tetapi, itu tidak berhasil dan kondisi anaknya semakin memburuk hingga tak bisa berdiri tegak.

Ia lantas membawa putrinya ke rumah sakit dan memberi tahu dokter, "Aku bilang dia dulu sakit perut, tapi setelah dipijat dengan minyak, dia akan baik-baik saja. Kali ini tidak berhasil. Dokter menatap saya dengan tajam dan mengatakan bahwa ia telah melihat banyak anak seusianya mengalami hal yang sama."

Seorang anak sakit perut karena banyak kotoran menumpuk di usus. (Facebook/Afiza Jamaludin)
Seorang anak sakit perut karena banyak kotoran menumpuk di usus. (Facebook/Afiza Jamaludin)

 

Dokter lantas mengatakan, kemungkinan ada banyak kotoran di usus besar anak tersebut. "Ia buang air besar, tetapi tidak semuanya keluar dari tubuhnya. Beberapa tinja lama masih terjebak di dalam dan ketika ini terjadi, semakin banyak kotoran akan berkumpul di sana," terang dokter.

Dilansir dari world of buzz, dokter juga menunjukkan hasil rontgen gadis tersebut. Menurut dokter, usus besar gadis itu terhalang kotoran yang menyebabkan rasa sakit. Dia mengungkapkan, ini adalah hal yang cukup umum dan pernah terjadi pada anak-anak seusianya.

Anak tak suka makan sayur. (Ilustrasi)
Anak tak suka makan sayur. (Ilustrasi)

 

Penyebabnya, lanjutnya, adalah kebiasaan makan anak-anak yang tidak suka sayuran dan kekurangan serat. Dokter lalu memberinya obat untuk membersihkan usus gadis tersebut.

Ibunya memutuskan untuk membagikan pengalaman itu karena ia ingin mengingatkan kembali tentang pentingnya diet yang seimbang. Dokter juga menyarankan orang tua agar memastikan anak-anaknya makan banyak buah-buahan dan sayuran, serta minum banyak air untuk menjaga buang air besar teratur.

Berita Terkait

Berita Terkini