Info

Bisa Jadi Sarang Bakteri, 5 Benda di Rumah ini Harus Rutin Dibersihkan

Ada banyak benda-benda di dalam rumah yang sering digunakan justru menyebarkan bakteri.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi remote tv. (Pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi remote tv. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Himedik.com - Kebanyakan orang biasanya membersihkan rumah setiap hari untuk melindungi anggota keluarga dari bakteri dan virus yang akan menyebar.

Namun, Anda juga perlu mengingat bahwa melindungi anak dari bakteri dan virus penyebab penyakit tidak cukup membersihkan rumah saja.

Karena, ada banyak benda-benda di dalam rumah yang sering digunakan justru menyebarkan bakteri lebih banyak dari lantai rumah.

Melansir dari Healthy Life Tricks, Anda perlu membersihkan benda-benda di bawah ini setidaknya sebulan sekali agar tak menjadi sarang bakteri.

1. Remote

Remote TV, AC atau apapun yang sering Anda gunakan sehari-hari justru menjadi sarang bakteri paling banyak. Karena itu, setidaknya bersihkan remote sebulan sekali.

Caranya dengan menaruh sedikit larutan disinfektan di kain bersih lalu usapkan ke seluruh bagian remote. Lalu cuci tangan Anda setiap kali menggunakannya.

Ilustrasi orang membuka kulkas. (Shutterstock)
Ilustrasi orang membuka kulkas. (Shutterstock)

 

2. Sakelar

Sakelar lampu atau apapun di dalam rumah juga menjadi sarang bakteri paling banyak kedua setelah remote. Anda perlu membersihkannya seminggu sekali dengan cara yang sama seperti membersihkan remote.

3. Kulkas

Kulkas dan freezer yang menjadi tempat penyimpanan makanan Anda juga jangan luput untuk dibersihkan secara rutin setidaknya dua kali setahun.

Karena, bakteri yang ada di dalam kulkas bisa menyebar ke makanan dan minuman Anda lalu menyebabkan penyakit.

4. Mesin kopi

Menurut sebuah penelitian, mesin kopi juga menjadi sarang bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Anda harus membersihkannya secara rutin dengan campuran air dan cuka putih.

5. Sisir

Sisir rambut yang digunakan setiap hari juga wajib dibersihkan secara rutin setiap minggunya. Karena, lebih mudah menyebarkan bakteri melalui kulit kepala.

Berita Terkait

Berita Terkini