Info

Putra Nunung Meminta Ibunya Direhabilitasi, Ini 4 Tahap Prosesnya!

Percaya Nunung adalah korban, Bagus Permadi meminta ibunya untuk direhabilitasi

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah

Nunung Srimulat saat ditangkap polisi. (Suara.com/Istimewa)
Nunung Srimulat saat ditangkap polisi. (Suara.com/Istimewa)

Himedik.com - Komedian Nunung sekarang telah ditahan di Rutan Pelda Metro Jaya sejak ditangkap Sabtu (20/7/2019) akhir pekan kemarin atas pemakaian obat terlarang jenis sabu.

Menurut putra Nunung, Bagus Permadi, kondisi ibunya relatif sehat dan baik-baik saja.

"Alhamdulillah sudah bertemu mamah dan lihat kondisi langsung. Mamah sehat dan baik, papah (suami Nunung) juga sama. Makasih pak polisi sudah jaga mamah papah di dalam," ungkap Bagus Permadi di Polda Metro Jaya, Senin (22/7/2019) kemarin.

Selain memberi kabar kondisi sang ibu, Bagus pun meminta maaf pada penggemar Nunung.

"Saya mewakili mamah dan keluarga besar mengucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada fans. Semoga ini jadi pelajaran yang baik," ujarnya sambil terisak.

Sebelum ini, Bagus sempat menginginkan rehabilitasi untuk sang ibu. Hal itu karena ia merasa ibunya merupakan korban dan harus direhabilitasi agar bisa terlepas dari kecanduannya terhadap narkotika.

"Yang terbaik buat mama. Saya penginnya direhab aja, sih," katanya, saat malam hari Nunung ditangkap.

Tersangka kasus penyalahgunaan narkoba Tri Retno Prayudati alias Nunung dihadirkaan saat rilis kasus di Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/7). [Suara.com/Muhaimin A Untung]
Tersangka kasus penyalahgunaan narkoba Tri Retno Prayudati alias Nunung dihadirkaan saat rilis kasus di Ditresnarkoba Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (22/7). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Sebelum melakukan rehabilitasi, melansir rehap.help.org, ada beberapa tahap yang mesti dilalui seorang pecandu narkoba, antara lain:

1. Penilaian

Tahap ini berpusat pada menyesuaikan rencana perawatan untuk masing-masing pasien berdasarkan jenis, lamanya mengonsumsi, dan kesesuaian kecanduannya, serta setiap tantangan yang mereka hadapi layaknya gangguan mental yang terjadi bersamaan atau kekerasan dalam rumah tangga.

2. Detoks

Fase ini bertujuan menghilangkan ketergantungan tubuh pada obat terlarang itu dan mengatasi gejala (dari) penarikan.

3. Terapi

Tahap ketiga ini bertujuan mengungkap dan mengobati penyebab kecanduan yang mendasarinya dan itu memberi para pecandu alat untuk mengatasi kecanduan mereka.

4. Setelah perawatan

Tujuan dari fase terakhir adalah memfasilitasi transisi ke dalam program yang akan membantu pecandu untuk melanjutkan proses pemulihan seumur hidup. Caranya adalah dengan membangun perawatan yang diterima pada langkah-langkah sebelumnya dan mencegah kekambuhan.

Berita Terkait

Berita Terkini