Info

Handuk bisa Jadi Sarang Penyakit, Cegah Sebelum Terlambat!

Seperti apa perawatan handuk yang benar agar tidak jadi sarang penyakit?

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Ilustrasi menjemur handuk (Unplash/Boudewijn Huysmans)
Ilustrasi menjemur handuk (Unplash/Boudewijn Huysmans)

Himedik.com - Salah satu benda di sekitar kita yang biasa digunakan sebagai 'rumah' bakteri atau jamur adalah handuk. Terlebih jika selalu disimpan di tempat tertutup, seperti kamar mandi.

Menurut dokter kulit, Alok Vij, MD, dari Klinik Cleveland mengatakan, semakin lama handuk dibiarkan lembap, maka semakin banyak bakteri, jamur dan virus yang menempel dan mereka tetap aktif.

"Mereka dapat menyebabkan kuku jari kaki berjamur, kutu air, tinea cruris dan kutil , atau menyebabkan kondisi kulit (infeksi) menyebar," ujar Vij.

"Dan handuk kotor pasti dapat menyebabkan eksim atau dermatitis atopik," sambungnya.

Agar handuk lebih bersih, lakukan berbagai hal ini.

1. Sebagai aturan umum, cucilah handuk mandi Anda (atau ganti dengan handuk yang bersih) setidaknya sekali seminggu dan handuk kecil Anda beberapa kali seminggu.

2. Cuci handuk lebih sering jika Anda sakit untuk menghindari infeksi ulang dan cuci lebih dari seminggu jika kelembapan di rumah Anda tinggi , terutama selama bulan-bulan musim panas, jika Anda tidak memiliki AC.

3. Boleh bersama dengan pasangan selama kondisi berdua tidak memiliki penyakit kulit seperti eksim atau sedang sakit.

Untuk anak-anak, lebih baik mereka menggunakan handuk sendiri.

4. Gantung handuk basah, karena ini tempat berkembangbiaknya kuman. Jadi gantung handuk basah yang dibentangkan sehingga dapat benar-benar kering di antara penggunaan.

Berita Terkait

Berita Terkini