Info

Daging Kambing Bisa Obati Tekanan Darah Rendah, Mitos atau Fakta?

Bukan daging kambing, ini yang sebenarnya menyebabkan tekanan darah tinggi.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi olahan daging kambing. (Pixabay/sharonang)
Ilustrasi olahan daging kambing. (Pixabay/sharonang)

Himedik.com - Tak sedikit orang yang masih menganggap bahwa daging kambing bisa menyebabkan tekanan darah tinggi atau mengobati darah rendah. Benarkah hal tersebut?

Padahal belum ada bukti ilmiah yang kuat tentang daging kambing memengaruhi peningkatkan tekanan darah. Begitu pula sebaliknya daging kambing sebagai obat darah rendah.

Hasil penelitian yang dilansir dari NCBI menunjukkan bahwa konsumsi daging kambing dalam jangka waktu lama tidak akan menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Daging kambing bisa menyebabkan tekanan darah tinggi tergantung dari cara memasaknya dan bumbu yang digunakan. Jika Anda mengolah daging kambing menggunakan banyak garam bisa menyebabkan tekanan darah tinggi.

Perlu Anda ketahui daging kambing terdiri dari protein dan lemak. Protein dalam daging kambing seimbang dengan asam amino esensial dan non-esensial.

Ilustrasi hidangan daging kambing (shutterstock)
Ilustrasi hidangan daging kambing (shutterstock)

 

Daging kambing juga mengandung taurin, karnitin dan inosin tinggi yang penting bagi kesehatan manusia.

Sementara, lemak dalam daging kambing terdiri dari 50 persen asam lemak jenuh dan 50 persen asam lemak tak jenuh dengan kadar asam oleat yang tinggi.

Karena itu, perkiraan peneliti bukan daging kambing yang menyebabkan peningkatan tekanan darah tinggi. Melainkan bumbu masakan yang digunakan ketika mengolah daging kambing.

Melansir dari hellosehat.com, sebuah penelitian dari Asian-Australian Journal of Animal Sciences tahun 2014 juga menyatakan bahwa kenaikan tekanan darah setelah mengonsumsi daging kambing tetap tergolong lebih kecil daripada daging sapi atau ayam.

Selain garam, penggunaan minyak goreng dan mentega atau margarin saat mengolah daging kambing juga dianggap menyebabkan tekanan darah tinggi.

Sebab, semua bumbu masakan itu akan meresap ke daging kambing dan akan mengubahnya menjadi lemak jenuh. Sehingga orang akan lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi setelahnya.

Berita Terkait

Berita Terkini