Info

Batuk Bikin Suara Hilang, Sebenarnya Tubuh Anda Sedang Mengalami Ini

Waspadai laringitis, peradangan pada jaringan yang menutupi pita suara.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rosiana Chozanah

Batuk. (shutterstock)
Batuk. (shutterstock)

Himedik.com - Saat Anda kehilangan suara atau suara menjadi serak, biasanya disebabkan oleh jaringan yang menutupi pita suara sedang meradang atau membengkak. Kondisi ini disebut laringitis.

Melansir Mayo Clinic, laringitis merupakan peradangan kotak suara (laring) karena terlalu sering digunakan, iritasi, atau infeksi.

Pembengkakan atau peradangan laring menyebabkan distorsi suara yang dihasilkan oleh udara yang melewatinya. Hasilnya, suara Anda terdengar serak atau malah tidak terdengar sama sekali.

Menurut Paul Bryson, MD, kepala Bagian Laringologi dan Direktur Pusat Suara di Klinik Cleveland, kehilangan suara adalah gejala, bukan sebuah penyakit sendiri.

Namun, terkadang kehilangan suara kemungkinan juga menjadi tanda bahwa sel-sel prakanker atau kanker terbentuk.

Ilustrasi batuk. (Shutterstock)
Ilustrasi batuk. (Shutterstock)

Anda tentu tidak boleh mengabaikan masalah yang bertahan lebih dari dua hingga empat minggu.

Suara serak lebih mungkin terjadi selama penyakit pernapasan bagian atas. Anda batuk, sering berdeham, dan suara Anda mungkin mulai terdengar serak atau melemah.

Ini dapat bertahan dari beberapa hari hingga mencapai hitungan minggu atau bahkan lebih lama dalam beberapa kasus, kata Dr. Bryson.

Meskipun tidak ada perbaikan cepat untuk membantu mengembalikan suara Anda, Dr. Bryson menawarkan beberapa tips untuk menenangkan pita suara yang meradang:

Ilustrasi termometer dan obat batuk sirup. (Pixabay/Opal)
Ilustrasi termometer dan obat batuk sirup. (Pixabay/Opal)

1. Beristirahat

Usahakan untuk mengistirahatkan suara Anda sebanyak mungkin. Berbicaralah dengan tenang dan hanya bicara setengah sebanyak yang biasa dilakukan.

2. Tetap terhidrasi

Minum banyak air. Hindari minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi, seperti alkohol dan minuman mengandung kafein.

3. Gunakan pelembap udara

Ini akan membantu menjaga udara yang Anda hirup tetap lembab sehingga dapat membantu menenangkan pita suara yang meradang.

Jika mengalami suara serak hingga lebih dari dua minggu hingga empat minggu dan mempunyai faktor risiko seperti merokok, riwayat kanker atau masalah kesehatan lainnya, segeralah lakukan pemeriksaan dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini