Info

Catat! Ini Makanan yang Bagus Dikonsumsi Sebelum Berenang!

Kamu bisa mengonsumsi makanan ini satu jam sebelum berenang!

Vika Widiastuti

Wanita berenang - (Pixabay/jackmac34)
Wanita berenang - (Pixabay/jackmac34)

Himedik.com - Berenang bukan sekadar hobi, tetapi juga merupakan latihan kardio yang bermanfaat untuk tubuh. Untuk itu, bagi kamu yang suka berenang perlu tahu asupan makanan yang tepat sebelum berenang. 

Berenang saat perut kosong akan membuat Anda kehilangan banyak manfaat kesehatan dari latihan ini. Sehingga Anda perlu menentukan jenis makanan dan kapan harus mengonsumsinya.

Dilansir dari timesofindia, Anda tidak harus makan berat sebelum berenang. Selain itu, mengonsumsi makanan pedas dan tinggi lemak akan membuat Anda kembung saat berenang.

Anda bisa makan satu jam sebelum masuk ke kolam renang. Ketika Anda makan, jantung akan mengarahkan darah ke sistem pencernaan untuk memecah makanan dan mengekstrak nutrisi.

Demikian pula, saat berolahraga, aliran darah akan dialihkan ke otot agar bisa bekerja secara efisien. Jadi, jika Anda berenang tak lama setelah makan, sistem percernaan dan otot tidak akan mendapat pasokan darah yang cukup. Hal ini justru bisa menyebabkan gangguan pencernaan, refluks lambung, kram, dan ketidaknyamanan perut.

Ilustrasi berenang. (Shutterstock)

 

Lalu, makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi.

Sebelum berenang, konsumsilah makanan mengandung karbohidrat. Hal ini akan memberi Anda energi untuk aktif di kolam renang dalam jangka waktu lebih lama. Anda juga perlu menghindari makanan berlemak karena sulit dicerna.

Nutrisi yang tepat dipercaya membantu dalam perbaikan otot dan pemulihan setelah berenang. Beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi sebelum berenang seperti pisang, roti gandum, beras merah, ubi jalar, kacang-kacangan, oat gandum.

Bukan hanya makanan yang perlu diperhatikan, perenang juga harus tetap terhidrasi dengan baik. Perenang harus minum cairan sebelum, selama, dan setelah berenang.

Asupan cairan sangat penting untuk menyeimbangkan kehilangan cairan dari tubuh, misalnya keringat. Anda bisa minum air, jus, susu, dan yogurt untuk tetap membuat tubuh terhidrasi.

Berita Terkait

Berita Terkini