Info

Cegah Kanker hingga Baik untuk Tulang, Manfaat Krokot Ini Jangan Diabaikan!

Anda perlu tahu, ini kandungan yang terdapat pada tumbuhan krokot.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Manfaat tanaman krokot (Pixabay/wikimediaImage)
Manfaat tanaman krokot (Pixabay/wikimediaImage)

Himedik.com - Anda pasti tak asing dengan tumbuhan krokot? Tamanan yang mirip rumput liar ini kerap diabaikan. Padahal sesungguhnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Nyatanya, daun dan tangkai krokot memiliki banyak manfaat kesehatan jika dikonsumsi mentah maupun dimasak. Hal itu karena tanaman ini merupakan sumber omega 3 yang baik, terutama untuk para vegetarian.

Melansir dari Plants Hospital, krokot mengandung banyak serat, vitamin A, C dan B, zat besi, magnesium, mangan, kalium, kalsium, mineral tembaga, serta senyawa antioksidan yang kuat.

Kandungan dalam krokot itulah yang bermanfaat melindungi kesehatan jantung, mencegah kanker, meremajakan kulit, memperkuat tulang, dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Bahkan, tumbuhan ini juga bermanfaat bagi orang yang sedang menjalankan program diet karena membantu menurunkan berat badan.

Berikut ini manfaat mengonsumsi krokot sehari-hari, dalam bentuk sop, lalapan atau sebagainya.

Ilustrasi tanaman krokot (Pixabay/wikimediaImage)
Ilustrasi tanaman krokot (Pixabay/wikimediaImage)

1. Menjaga kesehatan kardiovaskular

Banyaknya asam lemak omega 3 dalam krokot juga membantu mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh dan mencegah risiko serangan jantung.

2. Memperlancar sirkulasi darah

Mineral besi dan tembaga dalam krokot membantu produksi sel darah merah. Kedua mineral ini diperlukan untuk mempercepat sirkulasi dengan memberikan lebih banyak oksigen ke bagian-bagian penting tubuh.

3. Menjaga sistem pencernaan

Kandungan dalam krokot juga bisa mencegah sembelit dengan mengendurkan sistem pencernaan dan berguna mengatasi wasir.

Cegah Kanker hingga Baik untuk Tulang, Manfaat Krokot Ini Jangan Diabaikan! - 2
Ilustrasi sistem pencernaan. (Shutterstock)

4. Mencegah kanker

Vitamin A dan C yang tinggi dalam krokot dapat bertindak sebagai antioksidan dan membantu mencegah kanker paru-paru dan mulut.

5. Memperkuat tulang

Krokot mengandung kalsium, magnesium, besi dan mangan, serta semua mineral yang dibutuhkan untuk meningkatkan jaringan tulang dan mempercepat proses penyembuhan tulang di tubuh kita.

Berita Terkait

Berita Terkini