Info

Berkaca dari Anak Elvy Sukaesih, Ini Cara Menghadapi Penderita Skizofrenia

Cara menghadapi penderita gangguan mental skizofrenia seperti anak sulung Elvy Sukaesih.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Kesehatan mental. (pixabay/Wokandapix)
Kesehatan mental. (pixabay/Wokandapix)

Himedik.com - Gangguan mental skizofrenia yang dialami putra sulung Elvy Sukaesih, Haedar sedang menjadi perbincangan. Kondisi kesehatan mental anak Elvy Sukaesih ini diketahui setelah muncul pemberitaan Haedar mengamuk di sebuah warung.

Berdasarkan keterangan Fitria Sukaesih, anak kedua Elvy Sukaesih, kakaknya itu masih dalam tahap pengobatan. Sayang, belakangan Haedar tak meminum obat yang telah dianjurkan dokter.

"Betul memang dia dalam pengobatan, kita juga lagi mau bawa ke rumah sakit, tapi bukan yang ngamuk-ngamuk kaya gitu. Jadi beda ya, kalau orang gila kan hilang ingatan," jelas Fitria Sukaesih, ketika dihubungi Suara.com, Sabtu (14/9/2019).

Akibatnya, emosi Haedar menjadi tak terkontrol hingga membuat keributan dengan mengamuk sembari membawa senjata tajam di warung.

"Akhir-akhir ini kan nggak mau minum obat, makanya dia bisa melonjak gitu, keadaannya nggak stabil lagi gitu. Kami semua nggak ada di rumah, Umi (Elvy Sukaesih) lagi syuting di luar rumah," tutur Fitria Sukaesih.

Anda barangkali sedang atau pernah menghadapi seseorang dengan skizofrenia. Melansir dari Mental Health America, ada beberapa pengobatan dan perawatan untuk mengatasi gangguan mental skizofrenia.

Elvy Sukaesih bersama anak-anaknya menggelar konfrensi pers terkait Haedar yang ngamuk. [Yuliani/Suara.com]
Elvy Sukaesih bersama anak-anaknya menggelar konfrensi pers terkait Haedar yang ngamuk. [Yuliani/Suara.com]

Hal tersebut mulai dari mengonsumsi obat antipsikotik, perawatan psikososial, hingga perawatan khusus terkoordinasi (CSC). Namun, ada pula beberapa hal yang harus dilakukan ketika Anda berhubungan dengan orang skizofrenia.

Melansir dari webmd, Anda mesti belajar caranya menanggapi perilaku dan perkataan orang skizofrenia. Ketika seseorang dengan skizofrenia mengalami halusinasi atau delusi lalu mereka mempercayai bahwa iru nyata, Anda tak seharusnya menentang dan langsung mengatakan bahwa semuanya tidak nyata.

Sebaliknya, Anda harus bersikap baik hati dan menghormati perkataannya. Kemudian, katakan padanya bahwa Anda memandang sesuatu dengan cara Anda sendiri.

Ilustrasi kesehatan jiwa, kesehatan mental (Shutterstock)
Ilustrasi kesehatan jiwa, kesehatan mental (Shutterstock)

Anda tak boleh berdebat, berteriak, mengkritik, mengancam, menyentuh dan berdiri di dekatnya yang membuat mereka merasa terancam.

Lalu, bagaimana kalau seseorang dengan skizofrenia mempunyai episode psikotik dan halusinasi atau delusi mereka menjadi jauh lebih buruk dan lebih parah?

Segera hubungi dokter saat mereka masih terus berhalusinasi dan semakin parah, apalagi jika mereka mengancam untuk bunuh diri. Anda juga tak boleh meninggalkannya sendiri.

Artinya, setiap kali penderita skizofrenia berhalusinasi terus-menerus dan semakin parah, Anda mesti segera menghubungi para medis agar cepat mendapat penanganan.

Berita Terkait

Berita Terkini