Info

Jus Nanas Bisa Atasi Batuk, Begini 3 Cara Membuatnya!

Berikut tiga cara membuat jus nanas yang ampuh mengatasi batuk.

Vika Widiastuti

Buah nanas. (pixabay/Security)
Buah nanas. (pixabay/Security)

Himedik.com - Tak hanya menyebabkan badan kurang sehat, flu atau batuk kerap kali mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti pekerjaan.

Beberapa orang pilih mengatasi batuk dan flu menggunakan obat-obatan. Namun, sebelum menggunakan obat-obatan, lebih baik kamu mencoba mengatasinya dengan cara yang lebih alami.

Dilansir dari timesofindia, jus nanas dipercaya bisa mengatasi batuk. Selain rasanya yang enak, nutrisi pada jus nanas pun dipercaya mampu meredakan gejala batuk dan pilek.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada 2010, jus nanas cukup efektif untuk mengobati TBC karena membantu menenangkan tenggorokan dan melarutkan lendir.

Nanas kaya akan antioksidan sehingga baik untuk menjaga pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Buah ini juga mengandung campuran enzim yang disebut bromelain, yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasi.

Menurut penelitian, bromelain dapat membantu mengatasi masalah pernapasan yang disebabkan oleh alergi dan asma.

Berikut tiga cara membuat jus nanas yang ampuh mengatasi batuk.

1. Jus nanas dan madu

Ambil setengah cangkir jus nanas hangat dan satu sendok makan madu. Campurkan keduanya ke dalam mangkuk dan minumlah saat masih hangat.

Madu dan nanas akan menenangkan tenggorokan Anda dan meredakan batuk.

Ilustrasi nanas. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi nanas. (Sumber: Shutterstock)

 

2. Jus nanas, madu, garam, merica

Ambil secangkir jus nanas dan tambahkan setengah sendok madu. Tambahkan pula sedikit garam dan lada. Campur semua bahan tersebut dan minum campuran ini tiga kali sehari.

3. Jus nanas, madu, jahe, cabai rawit, dan garam

Masukkan satu cangkir jus nanas, tambahkan 1 sendok makan madu, 1 sendok makan jahe cincang, sejumput garam, dan sedikit cabai rawit ke dalam blender.

Blender semua bahan dan minum 1/4 dari campuran ini tiga kali sehari untuk menghilangkan sakit tenggorakan.

Selain itu, Anda dianjurkan untuk menghindari produk susu, kafein, makanan olahan dan gorengan karena bisa memperburuk batuk Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini