Info

Mengatasi Gigi Kuning dan Infeksi, Ini 5 Manfaat Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga membantu fungsi otak menjadi lebih baik.

Vika Widiastuti

Minyak kelapa. (shutterstock)
Minyak kelapa. (shutterstock)

Himedik.com - Selama ini kita mengetahui minyak kelapa berguna untuk kecantikan rambut dan kulit. Ternyata, minyak ini juga bermanfaat untuk kesehatan lho!

Memasak makanan menggunakan minyak kelapa bisa mencegah berbagai penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar lemak dalam tubuh, kolesterol, dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, minyak kelapa juga membantu fungsi otak menjadi lebih baik. Ini juga memiliki kombinasi yang baik dari asam lemak yang berdampak positif bagi tubuh.

Berikut beberapa manfaat minyak kelapa untuk kesehatan seperti yang dilansir dari thehelthsite.

1. Mencegah infeksi bakteri

Minyak kelapa merupakan sumber asam lemak sehingga bisa membantu membunuh mikroorganisme berbahaya yang bisa menyebabkan penyakit dan infeksi.

Minyak kelapa juga mengandung asam laurat yang bermanfaat membunuh bakteri, jamur, dan virus. Oleh karena itu, minyak kelapa direkomendasikan untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan masalah kulit kepala seperti ketombe dan kulit kepala gatal.

2. Kelosterol baik

Minyak kelapa juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh karena kandungan lemak jenuh alaminya. Bahkan, minyak kelapa bisa membantu mengubah kolesterol jahat menjadi tidak terlalu berbahaya. Hal ini mengapa para ahli percaya minyak kelapa baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Ilustrasi hasil kadar kolesterol. (Shutterstock)
Ilustrasi hasil kadar kolesterol. (Shutterstock)

 

3. Mengurasi rasa lapar

Minyak kelapa dapat membantu mengurangi rasa lapar. Hal ini karena minyak kelapa penuh dengan lemak baik yang bermanfaat bagi tubuh. Jadi, saat Anda memasak dengan minyak kelapa, akan membuat Anda kenyang lebih lama.

Hal ini akan mengurangi asupan kalori dan menjauhkan Anda dari kebiasaan ngemil dan karbohidrat yang tidak perlu.

4. Mengatasi gigi kuning

Gigi kuning tak hanya memengaruhi penampilan, tetapi juga kepercayaan diri. Nah, minyak kelapa terbukti bermanfaat untuk kesehatan gigi.

Cara menggunakannya adalah encerkan minyak kelapa ke dalam air dan gunakan sebagai obat kumur. Selain membantu membunuh kuman, minyak kelapa juga bisa menghilangkan plak di gigi, mengobati bau mulut dan meningkatkan kesehatan gigi secara keseluruhan.

Minyak kelapa (Shutterstock)
Minyak kelapa (Shutterstock)

 

5. Mengatasi kejang

Minyak kelapa bisa membantu mengatasi kejang karena kandungan asam lemaknya. Asam lemak berpindah ke hati dan berubah menjadi keton. Dengan demikian, konsentrasi keton meningkat dan membantu mengobati kejang, terutama pada anak-anak.

Berita Terkait

Berita Terkini