Info

Bahaya, Ini yang Akan Terjadi jika Orang Minum Obat tanpa Air!

Pernahkah Anda mengonsumsi obat tanpa menggunakan air?

Vika Widiastuti

Ilustrasi minum obat. (Pixabay/guvo59)
Ilustrasi minum obat. (Pixabay/guvo59)

Himedik.com - Mayoritas orang minum obat menggunakan air agar mudah untuk ditelan. Selain itu, obat juga lebih mudah melalui kerongkongan.

Namun, pernahkah Anda mengonsumsi obat tanpa menggunakan air karena terlalu malas atau bahkan terlalu sibuk? Jika iya, hal ini ternyata berbahaya, bukan sekadar tersedak.

Dilansir dari timesofindia, sebenarnya Anda disarankan untuk minum obat dengan air karena akan membuat Anda lebih mudah menelan dan mencegah pil atau tablet terjebak di kerongkongan. Sebaliknya, jika Anda mengonsumsi obat tanpa air, kemungkinan besar akan menyebabkannya tersangkut di kerongkongan.

Selain menyebabkan tidak nyaman, obat yang terjebak bisa menyebabkan iritasi dan peradangan pada kerongkongan dan selanjutnya dapat mengakibatkan sejumlah masalah seperti mulas, nyeri dada, dan terkadang lebih buruk seperti pendarahan.

Anda kemungkinan tidak akan langsung merasakan gejalanya karena tidak ada saraf nyeri di kerongkongan. Namun, jika pil tidak turun, hal ini bisa merusak jaringan halus di kerongkongan, yang bisa menyebabkan komplikasi lebih lanjut seperti dehidrasi dan maag.

Ilustrasi obat pelangsing. [Shutterstock]
Ilustrasi minum obat. [Shutterstock]

Konsekuensinya juga akan lebih buruk jika Anda mengonsumsi beberapa obat khusus untuk osteroporosis atau antibiotik.

Untuk itu, demi menghindari komplikasi tersebut biasakan minum banyak air saat minum obat. Menurut Cleveland Clinic, saat minum obat orang, seseorang harus minum air 250 ml.

Selain itu, Anda lebih baik minum obat sambil duduk, karena ada kemungkinan tersedak saat Anda minum obat sambil berbaring. Anda juga disarankan untuk meminum obat tablet 15 menit sebelum tidur sehingga obat dapat turun dari esofagus.

Berita Terkait

Berita Terkini