Info

Cuaca Panas Bikin Nyamuk Tambah Banyak, Begini Cara Menanganinya!

Ada beberapa cara untuk menghentikan nyamuk 'menyerang' rumah Anda.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Nyamuk. (Pixabay/FotoshopTofs)
Nyamuk. (Pixabay/FotoshopTofs)

Himedik.com - Cuaca panas yang belakangan melanda beberapa wilayah di Indonesia menimbulkan berbagai dampak. Satu di antaranya adalah nyamuk yang berkembang biak.

Inilah yang sempat disoroti Sekretaris Ditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto, pada Jumat (24/10/2019) kemarin.

"Beberapa penelitian dari BMKG, memang pada musim, kondisi suhu, kelembaban tertentu populasi nyamuk tumbuh dengan cepat. Oleh karena itu, kita antisipasi pada musim pancaroba seperti ini kita akan mewaspadai betul tumbuh suburnya populasi nyamuk, nah ini yang kemudian harus diwaspadai karena nyamuk itu kan faktor penyakit," kata Achmad di kantor Kemenkes dikutip dari Suara.com.

Meski begitu, katanya, perkembangbiakan tersebut masih bisa dikendalikan oleh pemerintah agar tidak menimbulkan penyakit bagi masyarakat, apalagi menjadi kejadian luar biasa (KLB).

Untuk mencegah gigitan nyamuk, melansir India Today, ada beberapa cara untuk menghentikan nyamuk 'menyerang' rumah Anda.

Lavender. (Shutterstock)
Lavender. (Shutterstock)

1. Minyak neem dan lavender

Penelitian menunjukkan minyak neem sangat efektif dalam mengusir nyamuk, sepuluh kali lebih efektif daripada bahan kimia apapun.

Minyak neem tidak hanya anti jamur dan anti bakteri, tetapi juga anti virus.

Anda dapat mencampurkan minyak neem dan levender untuk dioleskan ke kulit.

2. Lemon dan cengkeh

Iris lemon menjadi dua bagian dan masukkan cengkeh ke dalam lemon. Teknik ini diyakini dapat mengusir lalat dan nyamuk oleh banyak orang.

Salah satu selebriti Bollywood, Akhsay Kumar, mengaku telah membuktikan tips ini dan membagikannya di Instagram.

Ilustrasi buah lemon (Shutterstock).
Ilustrasi buah lemon (Shutterstock).

3. Krim bayi

Salah satunya adalah krim bayi dengan merek Johnson, yang dipercaya dapat mencegah gigitan nyamuk. Terlebih untuk rasa aloe vera dengan vitamin E.

4. Bawang putih

Melansir Home Remedy, menumbuk lalu merebus bawang putih yang dihancurkan selama beberapa waktu dapat mencegah nyamuk masuk ke rumah. Caranya adalah dengan menuangkan air rebusan ke dalam botol semprot dan menyemprotkannya di sekitar ruangan.

Berita Terkait

Berita Terkini