Info

Jangan Disepelekan, Kulit Gatal tanpa Ruam Bisa Jadi Tanda Penyakit Kronis

Kulit gatal tanpa ruam bisa jadi tanda-tanda penyakit serius.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi gatal - (Shutterstock)
Ilustrasi gatal - (Shutterstock)

Himedik.com - Kulit yang gatal atau pruritus akan membuat orang merasa tidak nyaman dan otomatis menimbulkan perasaan untuk menggaruknya. 

Biasanya kulit gatal akan hilang dengan sendirinya tanpa perawatan khusus. Penyebab kulit gatal pun bermacam-macam, mulai dari gatal yang disertai ruam maupun tanpa ruam.

Kulit gatal dengan ruam dan benjolan, biasanya disebabkan oleh iritasi kulit. Tetapi, kulit gatal tanpa ruam bisa jadi tanda-tanda penyakit serius.

Melansir dari Healthline, ada 5 jenis penyakit kronis yang gejala awalnya berupa kulit gatal.

1. Gangguan tiroid

Tiroid adalah jenis organ penting dalam kelenjar yang terletak di leher. Fungsinya untuk melepaskan hormon yang mengatur pertumbuhan dan metabolisme tubuh.

Jika seseorang memiliki masalah atau kelainan tiroid, biasanya akan mengalami gejala seperti kulit gatal.

Ilustrasi gatal-gatal akibat alergi. (Shutterstock)
Ilustrasi gatal-gatal akibat alergi. (Shutterstock)

 

2. Penyakit Ginjal

Masalah pada ginjal seperti gagal ginjal atau ginjal tidak berfungsi baik bisa menyebabkan kulit gatal. Hal ini disebabkan oleh penumpukan limbah di dalam tubuh.

Akibatnya, penyakit ini bisa menyebabkan kulit kering, sulit berkeringat, metabolisme buruk, akumulasi racun. peradangan dan masalah diabetes.

3. Sakit liver

Permasalahan pada liver juga bisa menyebabkan gejala kulit gatal tanpa ruam. Secara khusus, masalah liver bisa menyebabkan kolestasis, gangguan pada aliran empedu tubuh. Kondisi ini bisa menyebabkan penyakit kuning dengan gejala berikut ini:

  • urine gelap
  • mata kuning
  • kulit gatal
Pankreas bermasalah (Freepik/agartist)
Pankreas bermasalah (Freepik/agartist)

4. Masalah pankreas

Pankreas adalah bagian penting dalam sistem pencernaan tubuh. Seperti orang dengan penyakit liver, penderita kanker pankreas atau masalah lainnya bisa mengalami gejala kulit gatal.

Gejala kulit gatal ini disebabkan oleh kolestasis dan penyakit kuning. Pengobatan untuk masalah pankreas dapat membantu meringankan rasa gatal, seperti cholestyramine, colesevelam, atau rifampicin.

5. Kanker

Kulit gatal tanpa ruam bisa jadi tanda awal kanker. Karena beberapa kanker menyebabkan kulit gatal sebagai reaksi terhadap zat-zat di dalam tumor.

Terutama kanker melanoma yang biasanya menyebabkan kulit gatal di kaki dan dada. Rasa gatal ini akan hilang ketika penderita sudah mendapat tindakan medis, kemoterapi atau radiasi.

Berita Terkait

Berita Terkini