Info

5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin, Salah Satunya Kulit Mudah Memar

Kekurangan vitamin bisa menyebabkan masalah kesehatan lebih luas.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi vitamin D. (Shutterstock)
Ilustrasi vitamin D. (Shutterstock)

Himedik.com - Apakah Anda pernah mengalami kelopak mata berkedut, kuku dan kulit mengelupas? Hati-hati, sebab bisa jadi  itu merupakan gejala tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi.

Sayangnya, gejala tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi tersebut seringkali diabaikan oleh banyak orang. Bahkan, ada pula yang menggap bahwa itu hal yang biasa terjadi dan bukan masalah besar.

Menurut Jerlyn Jones, juru bicara American Academy of Dietetics and Nutrition dilansir livestrong.com, mengatakan gejala kekurangan vitamin dan nutrisi seharusnya tidak diabaikan. Karena hal tersebut bisa menyebabkan masalah yang lebih luas dan mungkin saja parah.

Adapun gejala tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi yang paling umum diabaikan adalah sebagai berikut :

1. Sendi kaku

Tubuh pegal bisa jadi Anda sedang kekurangan vitamin D dari sinar matahari. Padahal vitamin D membantu menyerap kalsium, yang merupakan salah satu unsur utama pembentuk tulang.

"Jika Anda tidak mendapatkan cukup vitamin D, baik melalui makanan atau sinar matahari. Kondisi ini dapat menyebabkan hilangnya kepadatan tulang dan rasa sakit," jelas Jones.

Ilustrasi vitamin dan mineral. (Shutterstock)
Ilustrasi vitamin dan mineral. (Shutterstock)

2. Kuku mengelupas

Kuku yang mengelupas bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti penggunaan cat kuku, sering menggunakan pembersih tangan atau memakai kuku akrilik. Tetapi jika kuku mudah mengelupas atau patah, Anda mungkin kekurangan zat besi.

"Kekurangan zat besi menghasilkan oksigen terbatas pada organ tubuh, otot dan jaringan. Salah satu efek samping potensial dari berkurangnya aliran oksigen adalah kuku yang mengelupas dan rapuh," kata Jones.

3. Mata berkedut

Dalam istilah medis, mata kedutan adalah miopenia yang bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti kelelahan dan stres hingga terlalu banyak mengonsumsi kafein dan alkohol. Tetapi mata kedutan juga bisa tanda kekurangan magnesium. Menurut riset dari Pusat Pendidikan dan Penelitian Magnesium pada Maret 2012 di Ulasan Gizi , dari , 48 persen orang Amerika kekurangan magnesium.

5 Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin, Salah Satunya Kulit Mudah Memar - 2

 

4. Kulit mudah memar

Kulit memar biasanya terjadi ketika tubuh terbentur benda padat atau kelelahan. Tetapi, kulit memar yang tidak disebabkan oleh dua hal itu perlu diwaspadai. Apalagi jika disertai mimisan tanpa sebab yang bisa jadi tanda kekurangan vitamin serta nutrisi.

5. Kulit sangat kering

Kulit kering hingga bersisik bisa juga tanda-tanda awal tubuh kekurangan vitamin dan nutrisi. Sekarang ini masih banyak orang yang tidak memedulikan gejala kulit kering. Jurnal Marine Drugs menunjukkan bahwa omega-3 memainkan peran penting dalam retensi kelembaban.

Berita Terkait

Berita Terkini