Info

Hari Ikan Nasional, Ini Deretan Ikan Tinggi Omega 3 selain Salmon

Tak cuma ikan salmon yang tinggi kandungan omega 3!

Yasinta Rahmawati

Olahan salmon. (pixabay/cattalin)
Olahan salmon. (pixabay/cattalin)

Himedik.com - Ikan salmon selama ini dikenal kaya akan omega 3 yang baik untuk tubuh. Omega 3 sendiri merupakan lemak tak jenuh yang punya banyak manfaat, mulai dari menjaga kesehatan jantung, mata, anti-inflamasi hingga meningkatkan kinerja otak.

Namun tak cuma salmon, beberapa ikan berikut juga tinggi kandungan omega 3, lho. Memperingati Hari Ikan Nasional, berikut jenis ikan yang tinggi omega 3 selain salmon, dilansir dari Very Well Fit.

1. Ikan tenggiri
Bahan utama pempek ini kaya akan vitamin B12, tinggi omega 3, selenium, magnesium, zat besi hingga kalium.

2. Ikan kembung
Ikan satu ini tak hanya lezat, murah dan mudah ditemukan, namun juga mengandung omega 3. Kandungan omega 3 pada ikan yang masuk dalam jenis makarel ini mencapai 2,6 gram dan lemak 2,3 gram.

Ilustrasi ikan teri. (Shutterstock)
Ilustrasi ikan teri. (Shutterstock)

3. Ikan teri
Meski ukurannya kecil, ikan teri kaya akan kandungan omega 3 lho. Tak hanya itu, ikan teri juga mengandung nutrisi lain seperti protein, kalsium dan vitamin B12.

4. Ikan sarden
Ikan sarden dapat diolah berbagai macam rupa, mulai dari dibakar, dipanggang maupun diasap. Sarden juga kaya akan vitamin D, niasin, dan kalsium.

5. Ikan Tuna
Tuna adalah sumber asam lemak omega-3, protein, magnesium potassium, vitamin B-12, dan niasin yang luar biasa. Tuna biasanya disajikan sebagai fillet atau steak, dan dapat dipanggang. Ia juga sering diolah menjadi sushi.

Berita Terkait

Berita Terkini