Info

Jaga Tubuh dengan Gaya Hidup Sehat, Ini Rekomendasi Makanan untuk Orang Tua

Seimbangkan pola makanan sehat dengan aktivitas fisik agar tubuh tetap bugar di usia senja.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Menu makanan sehat. (Unsplash/Max Delsid)
Menu makanan sehat. (Unsplash/Max Delsid)

Himedik.com - Seiring bertambahnya usia, tentu tubuh memerlukan nutrisi yang dapat menjaga tubuh tetap sehat dan bugar. Salah satu solusinya adalah dengan  mengonsumi berbagai makanan sehat.

Kebanyakan pola makan yang sehat menekankan buah, sayuran, biji-bijian dan susu rendah lemak atau bebas lemak untuk dikonsumsi.

Tapi kenyataannya, mengonsumsi daging merah maupun daging putih, telur dan ikan, juga dapat menambah nutrisi di dalam tubuh.

Dietary Guidelines for Americans, melansir Eat Right, merekomendasikan pola makan yang dapat diikuti oleh orang tua, ykani :

  • Makanlah buah dah sayuran. Mereka bisa segar, beku atau kalengan. Makan lebih banyak sayuran hijau gelap seperti sayuran berdaun hijau atau brokoli, dan sayuran oranye seperti wortel dan ubi jalar.
  • Makan variasi pilihan protein dengan lebih banyak ikan, kacang-kacangan dan kacang polong.

Ilustrasi makanan sehat (Shutterstock)
  • Makanlah setidaknya tiga ons sereal gandum, roti, nasi atau pasta setiap hari. Pilih biji-bijian jika memungkinkan.
  • Konsumsi tiga porsi produk susu rendah lemak atau bebas lemak (susu, yogurt, atau keju) yang diperkaya dengan vitamin D untuk membantu menjaga tulang tetap sehat.
  • Lemak yang dikonsumsi lebih baik lemak tak jenuh ganda dan tak jenuh tunggal.

Seimbangkan pola makan tersebut dengan menambahkan aktivitas fisik dalam kesehariannya. Ini adalah kunci kesehatan dan kebugaran.

Tetapkan untuk aktif secara fisik setidaknya 30 menit setiap hari, hal ini dapat dibagi menjadi tiga sesi 10 menit sepanjang hari.

Untuk seseorang yang sebelumnya kurang aktif, mulai sekarang adalah ide yang baik untuk memulai aktivitas fisik seperti berjalan. Secara bertahap tingkatkan waktu aktivitas ini saat tubuh sudah merasa lebih kuat.

Berita Terkait

Berita Terkini