Info

Andrew White Suka Konsumsi Ati Ampela, Ketahui Manfaat Makan Jeroan

Andrew White, suami Nana Mirdad mengaku suka makan jeroan seperti ati ampela yang memiliki manfaat sekaligus risiko kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Andrew White bersama Nana Mirdad dan kedua anak mereka. (Suara.com/Ismail)
Andrew White bersama Nana Mirdad dan kedua anak mereka. (Suara.com/Ismail)

Himedik.com - Baru-baru ini Andrew White menceritakan makanan kesukaannya yang tak biasa. Ternyata suami Nana Mirdad tersebut gemar mengonsumsi makanan jeroan, seperti ati ampela.

"Saya memang suka banget bakso, ceker ayam sama ati ampela. Wah pokoknya suka banget itu makanan," ujar Andre White bersama Nana Mirdad, dalam acara "HUT ke-30 Bakso Sumber Selera" di kawasan Kembangan, Jakarta Barat, Sabtu (23/11/2019), dikutip dari Suara.com.

Banyak orang mengira makanan jeroan seperti ati ampela kesukaan Andrew White kurang menyehatkan dan bisa menyebabkan sejumlah penyakit.

Faktanya, jeroan memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang tinggi. Melansir dari Medical News Today, satu alasan yang menyebabkan makanan ini berbahaya adalah bakteri yang menempel pada jeroan.

Dalam hal ini, ati ampela termasuk jeroan yang padat nutrisi dan sumber vitamin A. Kandungan vitamin A ini bermanfaat untuk kesehatan mata dan bisa mengurangi penyakit yang menyebabkan peradangan, alzheimer hingga radang sendi.

Ilustrasi jeroan (shutterstock)
Ilustrasi jeroan (shutterstock)

Melansir dari Hello Sehat, satu porsi ati ayam mengandung 45 kcal, 1 gram lemak, 15 mg sodium dan tidak mengandung karbohidrat sama sekali.

Ati ayam mengandung cukup banyak protein dan 1 ons ati ayam diperkaya oleh 130 persen dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian yang direkomendasikan untuk vitamin A.

Dalam satu ons ati ayam, Anda juga menemukan 60% asupan harian yang direkomendasikan dari asam folat, alias vitamin B-9. Kandungan asam folat ini sangat penting bagi wanita hamil.

Sementara itu, satu porsi ampela ayam bisa mengandung 2,68 gram lemak total, 78 mg sodium, 107 kcal dan kurang dari 1 gram lemak jenuh.

Bahkan ampela juga kaya protein yang dibutuhkan untuk produksi energi, sekaligus menguatkan sel otot dan jaringan. Sebanyak 100 gram ampela menyediakan 30,39 gram protein yang mampu memenuhi asupan protein harian Anda.

Berita Terkait

Berita Terkini