Info

5 Tanda Kebanyakan Mengonsumsi Garam, Salah Satunya Selalu Merasa Haus

Berlebihan mengonsumsi garam akan berdampak langsung pada tekanan darah.

Yasinta Rahmawati

Garam. (pixabay)
Garam. (pixabay)

Himedik.com - Terlalu banyak mengonsumsi garam dikenal tidak baik untuk kesehatan. Sebab, jumlah garam yang Anda makan akan memiliki efek langsung pada tekanan darah.

Dengan semakin tingginya tekanan darah, hal itu akan memicu risiko lebih tinggi terserang jantung, stroke, demensia dan penyakit ginjal.

Dilansir dari NDTV, berikut kebiasaan sehari-hari yang menandakan kamu terlalu banyak mengonsumsi garam.

1. Merasa haus
Makanan dengan jumlah natrium yang tinggi seperti keripik, saus spageti, dan pizza membuat Anda merasa lebih haus. Sebab, natrium mengacaukan keseimbangan cairan dalam tubuh

2. Semua makanan terasa hambar
Apakah Anda terus menerus menemukan makanan yang hambar dan membosankan? Yah, itu mungkin karena Anda terbiasa makan terlalu banyak garam. Seiring waktu, selera Anda beradaptasi dengan rasa itu dan dari situlah Anda perlu menambahkan lebih banyak garam ke makanan.

Ilustrasi garam. (sumber: Visualphotos)
Ilustrasi garam. (sumber: Visualphotos)

3. Sering kencing
Sering buang air kecil adalah tanda klasik bahwa Anda terlalu banyak mengonsumsi garam. Sebagian besar waktu, Anda mungkin merasakan kebutuhan mendesak untuk bangun di tengah malam untuk buang air kecil.

4. Pembengkakan di tempat-tempat aneh
Mengonsumsi garam terlalu banyak dapat membuat Anda bengkak di berbagai bagian tubuh. Ini bisa menjadi alasan mengapa Anda merasa kembung di pagi hari. Pembengkakan ini disebabkan oleh cairan yang berlebihan di jaringan tubuh dan dikenal sebagai edema. Edema diyakini sebagai gejala dari kondisi kesehatan yang mendasarinya atau tanda fakta bahwa Anda terlalu banyak mengonsumsi garam.

5. Sering sakit kepala ringan
Apakah Anda mengalami sakit kepala ringan sesekali? Kemungkinannya adalah sakit kepala ini disebabkan oleh dehidrasi. Mengonsumsi terlalu banyak garam akan membuat Anda sakit kepala dalam waktu singkat karena dehidrasi. Minumlah banyak air untuk mengatasi sakit kepala ini.

Berita Terkait

Berita Terkini