Info

Mudah dan Murah, 4 Cara Alami Atasi Asam Lambung Naik

Sebelum meminum obat, ada baiknya mencoba mengatasi naiknya asam lambung dengan cara berikut.

Yasinta Rahmawati

ilustrasi sakit perut (shutterstock)
ilustrasi sakit perut (shutterstock)

Himedik.com - Ada beberapa penyakit terkait dengan kondisi perut yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, tak terkecuali dengan asam lambung naik. Kondisi ini tak jarang menimbulkan mual dan perut tak nyaman dengan sensasi panas.

Dilansir dari Refinery29, berikut 4 cara alami untuk mengatasi naiknya asam lambung.

1. Mengonsumsi oatmeal di pagi hari
Oatmeal bisa membantu menenangkan gejala asam lambung Anda. "Sifat menyerapnya dapat membantu menyerap asam dalam perut Anda dan dapat membantu mengurangi gejala," kata dr. Niket Sonpal , MD, ahli penyakit dalam dan gastroenterologi di New York.

2. Jahe
Orang-orang terdahulu sudah mengandalkan jahe untuk melawan masalah perut selama ribuan tahun. Minum teh jahe adalah solusi terbaik untuk meringankan asam lambung. Jahe memiliki sifat anti-inflamasi alami dan membantu mengurangi produksi asam lambung, membantu pencernaan dan menghentikan mulas pada sumbernya.

3. Mengunyah permen karet
Mengunyah permen karet dapat meningkatkan produksi air liur sehingga membuat Anda lebih sering menelan. Menurut dr. Sonpal, permen karet mengandung soda kue yang bersifat basa dan dapat menetralkan asam lambung untuk meredakan gejala dengan cepat. Ia merekomendasikan untuk mengunyah permen karet bebas gula.

4. Minum air
Ini adalah cara yang paling mudah. Meski saat asam lambung kumat perut menjadi terasa kenyang dan enggan mengisinya dengan apapun, minum air putih sangat dianjurkan. Minum segelas ketika Anda mengalami refluks asam dapat menghilangkan asam yang mengiritasi dari kerongkongan

Berita Terkait

Berita Terkini