Info

Bermain Ponsel sebelum Tidur Ternyata Tingkatkan Gula Darah!

Salah satu studi menunjukkan hubungan antara penggunaan ponsel sebelum tidur dengan peningkatan kadar gula secara tiba-tiba.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi bermain gadget sebelum tidur. (pixabay/StockSnap)
Ilustrasi bermain gadget sebelum tidur. (pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Diabetes tipe 2 dapat dikelola dengan gaya hidup yang baik. Para ahli pun merekomendasikan penderita diabetes untuk mengombinasikan pola makan seimbang dan sehat dengan dengan aktivitas fisik.

Tapi, salah satu studi menunjukkan hubungan antara penggunaan ponsel sebelum tidur dengan peningkatan kadar gula secara tiba-tiba.

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Physiology & Behavior, menunjukkan peningkatan terjadi karena paparan cahaya buatan dari perangkat elektronik sebelum tidur.

"Bahkan pada level yang Anda anggap tidak berbahaya, paparan cahaya pada malam hari dapat memicu sejumlah masalah kesehatan," kata Kathryn Russart, seorang peneliti postdoctoral di Ohio State University Wexner Medical Center di Columbus.

"Cahaya di malam hari adalah pengganggu endokrin," sambungnya, melansir Medical Daily.

Ilustrasi mengisi ulang baterai ponsel sebelum tidur (Shutterstock).
Ilustrasi mengisi ulang baterai ponsel sebelum tidur (Shutterstock).

Dia menjelaskan bahwa ritme sirkadian tubuh berjalan berdasarkan 24 jam per hari atau sesuai dengan matahari. Ini membantu tubuh mengelola ritme hormon secara teratur dalam jaringan endokrin.

Namun, ketika otak terpapar cahaya pada malam hari, jam internal tubuh menjadi terganggu sehingga lebih sulit untuk tertidur dan menyebabkan perubahan pada tubuh yang memicu lonjakan gula.

Para ahli mengatakan bahwa orang harus menjaga cahaya hanya kurang dari lima lux di malam hari untuk menjaga ritme sirkadian tetap sinkron. Menggunakan ponsel, tablet, dan bahkan TV sebelum tidur dapat membuat tubuh terkena cahaya hingga 40 lux.

Kata Elena Christofides, ahli endokrinologi dari Colombus, Ohio, Anda dapat menggunakan kacamata pemblokiran cahaya terang.

"Saran saya adalah mengenakan kacamata khusus selama Anda menggunakan komputer, smartphone, iPad atau menonton TV," sambungnya.

Berita Terkait

Berita Terkini