Info

Ketahui Penyebab dan Cara Merawat Siku dan Lutut Gelap

Menekuk siku di meja atau menekuk lutut di lantai akan mempercepat penggelapan kulit.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi lutut. (Pixabay)
Ilustrasi lutut. (Pixabay)

Himedik.com - Siku gelap terkadang membuat seseorang kurang percaya diri ketika mengenakan kaus berlengan pendek, begitupun dengan lutut yang gelap.

Melansir Healthline, siku gelap dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Seperti akumulasi sel kulit mati, hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari, pil KB, bintik penuaan, kondisi kulit tertentu dan peradangan dari cedera.

Seorang dermatologis dan ketua Cosmetic and Clinical Research di Rumah Sakit Mount Sinar, New York, Joshua Zeichner, MD, mengatakan kulit pada siku dan lutut akan meregang ketika tangan atau kaki menekuk dan mudah bergesekan dengan pakaian.

Jadi ketika Anda sering menekuk siku di meja atau menekuk lutut di lantai akan mempercepat penggelapan kulit. Gesekan dan peregangan tersebut membuat kulit tubuh lebih tebal untuk melindungi dirinya sendiri. Inilah sebabnya kulit di siku menjadi lebih gelap.

Ilustrasi perawatan siku tangan. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi perawatan siku tangan. (Sumber: Shutterstock)

Kulit pada siku dan lutut juga cenderung lebih kering daripada kulit pada bagian tubuh lainnya, yang membuatnya lebih rentan terhadap peradangan, kemerahan dan mengelupas.

Siku dan lutut juga retan terhadap psoriasis, penyakit autoimun di mana sel-sel tubuh menyerang sel kulit sendiri. Kondisi ini menyebabkan penumpukan kulit bersisik yang tebal dan merah.

"Jika Anda menderita kulit kering dan gelap pada siku dan lutut, pastikan untuk melembabkan kulit secara teratur," saran Dr. Zeichner.

Selain bahan-bahan pelembap kulit, Anda juga dapat menggunakan ramuan rumahan untuk mencerahkan siku dan lutut gelap. Seperti lidah buaya, bubuk soda kue, buah sitrus, oatmeal dan yogurt, dan kunyit.

Berita Terkini