Info

Perut Anda Sering Berbunyi? Ternyata Ini Bisa Jadi Tanda Kondisi Serius

Perut yang sering berbunyi dan disertai rasa sakit bisa merupakan tanda suatu kondisi serius.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi perut mengeluarkan suara (shutterstock)
Ilustrasi perut mengeluarkan suara (shutterstock)

Himedik.com - Anda pasti pernah mendengarkan suara yang keluar dari perut ketika perut kosong atau kelaparan. Ternyata bunyi perut bisa juga menandakan kondisi lain yang lebih serius.

Pada dasarnya perut yang mengeluarkan bunyi adalah hal normal, bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Tetapi, beberapa orang mungkin berpikir bunyi perut menandakan suatu masalah jika sering terjadi.

Melansir dari Fox News, biasanya perut berbunyi atau bergemuruh selama proses memindahkan makanan melalui saluran pencernaan ke dalam usus.

Suara ini muncul selama proses mengaduk makanan dan menghancurkannya seiring berjalannya waktu. Suara juga bisa muncul berupa gas atau udara yang terperangkap di saluran makanan.

Selain itu, suara perut juga bisa terjadi karena Anda mengonsumsi makanan yang sulit dicerna atau diurai dalam perut.

Namun, suara perut yang berdeguk juga bisa merupakan indikasi dari hal lain yang perlu dikhawatirkan. Misalnya ketika Anda mendengar suara perut berdeguk disertai gas, sendawa, perut kembung, rasa sakit di perut, diare, atau sembelit.

Ilustrasi suara perut (shutterstock)
Ilustrasi suara perut (shutterstock)

Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh infeksi seperti gastroenteritis atau terlalu banyak minum. Konsumsi alkohol yang berlebihan juga bisa menyebabkan masalah dan suara perut yang keras.

Kondisi itu bisa jadi merupakan irritable bowel syndrome (IBS) yang disebabkan oleh saraf, alergi atau makanan.

Bahkan, kondisi yang lebih serius lainnya juga bisa menyebabkan suara perut. Contohnya, suara akibat sesuatu yang menghalangi saluran makanan, seperti tumor atau benda asing.

Jika Anda merasa terganggu dengan suara perut, Anda bisa minum banyak air untuk menyeimbangkan perut. Makan tinggi serat juga bisa membantu meningkatkan kesehatan usus.

Pertimbangkan konsumsi makanan yang lebih ringan setiap harinya. Selain itu, tidur nyenyak juga bisa meredakan masalah perut.

Ilustrasi sakit maag, sakit perut, gangguan pencernaan. (Shutterstock)
Ilustrasi gangguan pencernaan. (Shutterstock)

Hal itu karena stres juga bisa menyebabkan suara perut. Jadi, carilah cara untuk mengatasi stres dengan mendengarkan musik atau minum teh herbal.

Aktivitas fisik juga akan membantu tubuh menjadi tenang saat mencerna makanan. Jangan lupa selalu menjaga kebersihan tangan untuk menghindari infeksi.

Sementara itu, suara perut selama kehamilan bukan merupakan tanda adanya masalah, terutama selama trimester ketiga. Kebanyakan wanita hamil mendengar suara-suara yang keluar dari tubuh saat bayi akan lahir.

Kondisi tersebut karena organ tubuh ibu sudah berubah posisi untuk memberikan ruang bagi anak dan ligamen meregang jelang persalinan. 

Berita Terkait

Berita Terkini