Info

Kaleidoskop Kesehatan 2019: 5 Figur Publik Meninggal akibat Sakit Jantung

Beberapa menderita penyakit jantung sejak lama.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Cecep Reza (Instagram)
Cecep Reza (Instagram)

Himedik.com - Penyakit jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi sehingga menjadi momok menakutkan bagi banyak orang. Di sepanjang tahun 2019, Indonesia pun berduka karena sejumlah public figure meninggal dunia akibat sakit jantung

Penyakit kardiovaskular ini memang bisa diderita oleh siapa saja, tak kenal usia maupun jenis kelamin. Adapun beberapa faktor risikonya bisa bermacam-macam, mulai dari riwayat keluarga, kolesterol tinggi hingga kebiasan merokok.

Dirangkum Suara.com, berikut ini 5 public figure yang meninggal dunia akibat sakit jantung sepanjang tahun 2019.

1. Djaduk Ferianto

Djaduk Ferianto dan putrinya, Gusti Arirang - (Instagram/@idgarirang)
Djaduk Ferianto dan putrinya, Gusti Arirang - (Instagram/@idgarirang)

Seniman Djaduk Ferianto, adik Butet Kertaradjasa meninggal dunia akibat serangan jantung pada Rabu (13/11/2019). Djaduk Ferianto meninggal dunia di usia 55 tahun. Sebelum meninggal, penggagas Ngayogjazz ini sempat mengeluh kelelahan dan kesemutan.

2. Cecep Reza

Cecep Reza [Instagram]
Cecep Reza [Instagram]

Mantan aktor cilik Mochamad Syaiful Zanna alias Cecep Reza meninggal dunia karena penyakit jantung pada Selasa (19/11/2019). Sebelum meninggal, Cecep Reza sempat melakukan operasi pemasangan ring di jantungnya. Cecep Reza meninggal dunia di usia 32 tahun dalam posisi sedang tidur.

3. Dendy Mikes

Dendy Mikes [Instagram/dendy_mikes]
Dendy Mikes [Instagram/dendy_mikes]

Vokalis band Mikes, Dendy meninggal dunia akibat serangan jantung pada Minggu (6/10/2019). Sebelum meninggal, Dendy Mikes sempat meminta waktu istirhat setelah sibuk dengan pekerjaannya. Dendy Mikes juga sempat manggung sehari sebelum meninggal dunia.

4. BJ Habibie

[Suara.com/Ema Rohimah]
[Suara.com/Ema Rohimah]

Presiden ke-3 RI, BJ Habibie meninggal dunia di usia 83 tahun pada Rabu (11/9/2019) di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. BJ Habibie meninggal dunia akibat gagal jantung. Menurut keterangan anaknya, Tareq Kemal Habibie, kondisi jantung BJ Habibie memang semakin melemah seiring bertambahnya usia.

5. Robby Sugara

Robby Sugara [Instagram]
Robby Sugara [Instagram]

Aktor senior Robby Sugara meninggal dunia di usia 68 tahun karena menderita penyakit jantung pada Kamis (13/6/2019). Sebelum meninggal dunia pada malam hari, Robby Sugara sempat bercanda dengan anak dan cucunya di siang hari.

Berita Terkait

Berita Terkini