Info

Sindrom Patah Hati, saat Rasa Kehilangan Mendalam Berujung Fatal

Perlu diketahui, stres dan kesedihan benar-benar dapat membahayakan kesehatan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi patah hati (pexels)
Ilustrasi patah hati (pexels)

Himedik.com - Para peneliti telah mengonfirmasi dalam beberapa tahun terakhir bahwa stres ekstrem dapat benar-benar menghancurkan hati Anda bahkan membahayakan kesehetan. Mereka menyebutnya dengan sindrom patah hati.

Dirangkum dari WebMD, sindrom patah hati bisa terjadi ketika orang atau hewan peliharaan mati, selama perawatan medis yang penuh stres, setelah kehilangan pekerjaan atau ketika stres luar biasa lainnya terjadi.

Sindrom ini umumnya menyerang wanita. Sementara literatur medis tentang sindrom patah hati masih jarang, sudah banyak kasus terungkap.

Selama periode 6 tahun, para peneliti dari MD Anderson Cancer Center di Houston menemukan 30 pasien yang menjalani pengobatan kanker memenuhi kriteria untuk sindrom patah hati. Peneliti mengatakan diagnosis harus dipertimbangkan pada pasien kanker yang mengalami nyeri dada .

Dalam laporan lain, seorang dokter menyajikan riwayat kasus dari dua wanita yang lebih tua. Satu dirawat karena penyakit paru-paru kronis dan yang lainnya untuk gastritis, yang mengalami sindrom patah hati.

Ilustrasi putus cinta, patah hati. (Shutterstock)
Ilustrasi putus cinta, patah hati. (Shutterstock)

Ketika jantung pasien "pecah", ruang pompa utama, ventrikel kiri, melemah, menyebabkan rasa sakit dan sesak napas. Kondisi ini reversibel dan sementara tetapi dapat menyebabkan komplikasi yang mirip dengan yang terjadi setelah serangan jantung.

Para ahli berpikir itu disebabkan oleh membanjirnya hormon (seperti adrenalin) yang dihasilkan selama situasi stres yang membuat jantung tersengat.

Lebih dari 6.200 kasus sindrom patah hati dilaporkan pada 2012 di Amerika Serikat, naik dari sekitar 300 pada 2006, kata Abhijeet Dhoble, seorang ahli jantung di Memorial Hermann Heart & Vascular Institute Houston.

"Seringkali, seorang pasien mengalami banyak hal sekaligus dan sesuatu membuat mereka tersandung," kata Dhoble. "Hampir selalu ada pemicu stres yang sangat berbeda. Jika Anda bertanya pada pasien dengan cermat, mereka akan memberi tahu Anda tentang itu," lanjutnya.

Ilustrasi perempuan yang menderita, kesedihan perempuan. [Shutterstock]
Ilustrasi perempuan yang menderita, kesedihan perempuan. [Shutterstock]

Sindrom patah hati tidak terjadi begitu saja setelah seseorang atau hewan peliharaan mati, kata Jeffrey Decker, kepala bagian kardiologi klinis di Institut Kesehatan Spektrum Frederik Meijer Heart & Vascular di Grand Rapids, MI.

Nyeri hebat dapat memicu sindrom ini. Begitu juga serangan asma , pertengkaran sengit, pesta kejutan atau bahkan berbicara di depan umum.

Gejala sindrom patah hati sendiri paling sering menyerupai serangan jantung, nyeri dada dan sesak napas. Mual, muntah, dan jantung berdebar juga bisa terjadi. Tetapi hanya pengujian lebih lanjut yang dapat menunjukkan diagnosis sindrom tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini