Info

5 Benda Paling Kotor di Kamar Mandi, Apa Saja?

Bukan dudukan toilet, benda-benda yang kita gunakan setiap hari ini mengandung kuman lebih banyak!

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi kamar mandi (Pixabay/WarrenMae)
Ilustrasi kamar mandi (Pixabay/WarrenMae)

Himedik.com - Dari segala ruangan di rumah, kamar mandi adalah tempat yang paling pas untuk perkembangbiakan bakteri dan kuman karena lingkungannya yang lembap.

Justru bukan dudukan toiletnya yang dinilai lebih kotor dan mengandung banyak kuman, tetapi beberapa benda di bawah ini yang dilansir dari Readers Digest.

1. Lantai

Lantai bisa menampung lebih banyak kuman daripada area lain dari kamar mandi, kata Gina Sloan, PhD, ketua inovasi Microban.

Biasanya orang tidak membersihkan lantai sesering membersihkan toilet, padahal lantai juga terpapar bakteri yang sama karena setiap menyiram toilet melepaskan bakteri ke udara dan menempel di permukaan lantai.

"Apa pun yang dekat dengan toilet Anda akan tertutup oleh mikroba," tutur Sloan. Jadi, lebih baik Anda menutup toilet ketika menyiramnya.

2. Sikat gigi

Benda paling kotor kedua adalah sikat gigi, kata Sloan.

"Sikat gigi tidak hanya mengandung bakteri dari mulut Anda saja, tetapi di mana pun Anda meletakkannya," katanya.

Kesalahan Yang Sering Dilakukan Saat Membersihkan Kamar Mandi. (Foto: Dekoruma)
ilustrasi Kamar Mandi. (Foto: Dekoruma)

3. Wadah sikat gigi

Sebuah studi dari organisasi kesehatan masyarakat NSF International menemukan 64% pegangan sikat gigi mengandung jamur dan ragi, dibandingkan 27% kursi toilet.

Benda ini lebih mungkin mengandung coliforms atau staph, menurut penelitian.

"Meletakkan sikat gigi Anda yang lembap atau basah, dan sisa air itu menetes ke bawah dan terkumpul di bagian bawah wadah," kata ahli mikrobiologi Lisa Yakas, manajer proyek senior untuk NSF.

4. Keran wastafel

Pegangan keran mengandung lebih dari 600 kali lebih banyak mikroorganisme per inci persegi daripada luas toilet, menurut penelitian NSF.

Setelah mencuci tangan Anda, bersihkan gagang wastafel dengan tisu disenfektan atau larutan pemutih, rekomendasi NSF.

5. Gagang pintu

Gagang pintu kamar mandi mengandung lebih banyak mikroorganisme per inci persegi daripada dudukan toilet, menurut penelitian NSF.

"Jadi, lebih baik cuci tangan secara benar setelah menggunakan toilet. Ini adalah 'garis pertahanan' pertama Anda," kata Yakas.

Tercatat hanya 5% orang yang benar-benar mencuci tangan selama lebih dari 15 detik, menurut penelitian Michigan State Univeristy. Meskipun CDC merekomendasikan untuk mencuci tangan setidaknya selama 20 detik.

Berita Terkait

Berita Terkini