Info

Kenali 5 Masalah Seksual yang Paling Sering Terjadi

Ada banyak jenis masalah kesehatan seksual yang terkait kebersihan maupun hubungan seksual.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi seksualitas - (Unsplash/Sharon McCutcheon)
Ilustrasi seksualitas - (Unsplash/Sharon McCutcheon)

Himedik.com - Hampir setiap orang pasti merah mengalami masalah kesehatan seksual. Kondisi ini terkait dengan kebersihan organ intim maupun hubungan seksual.

Penelitian yang dilakukan oleh EveAdam pun telah menemukan 5 masalah seksual yang paling umum dan paling banyak terjadi.

Studi mereka melibatkan analisis utas Reddit dibandingkan dengan data pencarian Google. Temuan ini mengungkapkan bahwa disfungsi ereksi adalah istilah yang paling banyak dicari di 286.000 pencarian per bulan.

Berikut ini 5 masalah seksual yang paling sering terjadi dan penyelesaiannya secara medis seperti yang dilansir dari The Sun.

1. Disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi sangat umum memengaruhi sekitar setengah dari pria usia 40-70 tahun. Kondisi ini bisa terjadi akibat kondisi medis, seperti diabetes atau orang yang berisiko sakit jantung.

Selain itu, gaya hidup seseorang juga bisa menyebabkan disfungsi ereksi, seperti kelebihan alkohol. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa tablet obat telah dikembangkan bisa mengatasi disfungsi ereksi. Jadi, cobalah konsultasi dengan dokter.

Ilustrasi berhubungan seks (Shutterstock)
Ilustrasi berhubungan seks (Shutterstock)

2. Vagina kering

Vagina kering juga termasuk masalah seksual paling umum di kalangan wanita, terutama setelah menopause. Karena kondisi ini disebabkan oleh kadar hormon estrogen yang menurun seiring bertambahnya usia.

Jika ini adalah masalah utama Anda, cobalah menggunakan topikal HRT seperti pessary atau gel yang bisa menyelesaikan masalah ini. Apotek terkadang juga menyediakan pelembab vagina non-hormon.

Tapi, masalah vagina kering juga bisa terjadi karena kurangnya gairah seksual dan kegelisahan. Jadi, coba konsultasikan kepada dokter jika masalah ini terus terjadi meski sudah melakukan berbagai cara.

3. Ejakulasi dini

Ejakulasi dini adalah masalah seksual umum yang tidak disebabkan oleh kondisi medis serius. Salah satu penyebab paling umum ejakulasi dini adalah kecemasan dan lebih sering terjadi pada pria yang lebih muda.

Terkadang, meluangkan waktu untuk bersantai cukup untuk mengatasi masalah ejakulasi dini. Tapi, Anda juga bisa meminta resep dokter untuk mengatasinya.

Kenali 5 Masalah Seksual yang Paling Sering Terjadi - 2

4. Tekanan untuk hamil

Idealnya, hamil adalah keputusan Anda dan pasangan. Seharusnya tidak boleh orang lain mencampuri urusan rumah tangga Anda dalam hal memiliki anak.

"Jika Anda merasa ada anggota keluarga atau teman yang mencoba menekan Anda agar segera memiliki anak. Ada baiknya bicarakan kepada pasangan. Jangan mencoba pikirkan hal itu sendiri dan ingat bahwa tidak semua wanita bisa langsung hamil setelah menikah," kata dr. Sarah Jarvis, dokter umum dan pemimpin klinis di Patient.info.

5. Libido rendah

Ada banyak hal yang menyebabkan seseorrang memiliki libido rendah, salah satunya berkaitan dengan hormonal. Pria mungkin memiliki kadar testosteron yang rendah dan kondisi ini juga umum terjadi setelah menopause.

Berita Terkait

Berita Terkini