Info

Baim Wong Ingin Tambah Anak, Kapan Boleh Hubungan Seks Usai Operasi Caesar?

Pastikan sayatan operasi caesar sudah membaik.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Baim Wong dan Paula Verhoeven saat menggelar akikah Kiano Tiger Wong [Suara.com/Evi Ariska]
Baim Wong dan Paula Verhoeven saat menggelar akikah Kiano Tiger Wong [Suara.com/Evi Ariska]

Himedik.com - Paula Verhoeven, istri Baim Wong baru saja melahirkan anak pertama, Kiano Tiger Wong pada akhir Desember 2019 lalu. Belum genap sebulan, Baim Wong sudah berencana tambah anak lagi dengan Paula Verhoeven.

Padahal Paula Verhoeven melahirkan anak pertama melalui operasi caesar. Hal ini tentu membutuhkan perhatian khusus jika Paula Verhoeven melakukan hubungan seks dan hamil lagi.

Anda yang baru pertama kali melahirkan mungkin kebingungan mengenai aturan berhubungan seks setelah operasi caesar. Banyak yang mengira seseorang bisa berhubungan seks langsung jika persalinan tidak melalui vagina.

Faktanya dilansir oleh Very Well Family, Anda harus menunggu sekitar 6 minggu untuk berhubungan seks setelah operasi caesar. Sebelumnya, Anda juga perlu menjalani check-up 6 minggu pascakelahiran.

Saat pemeriksaan itu dokter biasanya akan memastikan bahwa sayatan operasi caesar sudah membaik dan perdarahan pascapersalinan sudah berhenti.

Ilustrasi berhubungan seks (Shutterstock)
Ilustrasi berhubungan seks (Shutterstock)

Jadi, anggapan bahwa seseorang bisa langsung berhubungan seks setelah operasi caesar adalah salah. Sebab, Anda tetap mengalami perdarahan dari dalam rahim, tempat keberadaan plasenta setelah operasi caesar.

Perdarahan ini pun sudah pasti terjadi pada semua wanita, terlepas bagaimana cara mereka melahirkan. Biasanya Anda akan membutuhkan waktu sekitar 6 minggu untuk menyembuhkan bagian dalam rahim dan menunggu serviks menutup.

Selama masa itu wanita dilarang melakukan hubungan seks dan menggunakan tampon sampai menjalani pemeriksaan 6 minggu setelah persalinan.

Sementara itu dilansir oleh Hallo Sehat, biasanya Anda juga akan merasakan ketidaknyamanan saat berhubungan seks pertama kali setelah persalinan caesar.

Tetapi, Anda tidak perlu menghindari kondisi ini. Karena, kebanyakan wanita akan kembali ke kehidupan seksual mereka yang normal setelah melahirkan.

Jika Anda terus merasakan ketidaknyamanan berhubungan seksual setelah 6 minggu, lebih baik konsultasikan kepada dokter untuk mengetahui kondisi Anda sudah membaik atau belum.

Di sisi lain, Anda juga bisa menggunakan pelumas seks dan memperlama waktu foreplay ketika berhubungan seks pertama kali setelah persalinan.

Berita Terkait

Berita Terkini