Info

Hubungan Seks Tiap Minggu Bisa Turunkan Risiko Menopause Dini

Peneliti menemukan hubungan seks rutin tiap minggu bisa menurunkan risiko menopause dini.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi berhubungan seks. (PIxabay/niekverlaan)
Ilustrasi berhubungan seks. (PIxabay/niekverlaan)

Himedik.com - Rutin melakukan hubungan seksual tidak hanya menghilangkan stres dan meningkatkan mood, tetapi juga membantu menurunkan risiko menopause dini pada perempuan.

Para peneliti telah mengamati bahwa wanita yang melakukan aktivitas seksual setiap minggunya lebih kecil kemungkinannya mengalami menopause dini, yakni sekitar 28 persen.

Sedangkan wanita yang berhubungan seks setidaknya sebulan sekali mengalami penurunan risiko menopause dini, yakni sekitar 19 persen.

Aktivitas seksual yang bisa menurunkan risiko menopause dini ini termasuk hubungan seks, seks oral, sentuhan seksual dan belaian atau stimulasi diri.

"Temuan ini menunjukkan jika wanita tidak melakukan hubungan seks dan tidak ada kemungkinan kehamilan, tubuh memilih untuk tidak berinvestasi dalam ovulasi karena tidak ada gunanya," kata Megan Arnot dari University College London, dikutip dari The Sun.

Ilustrasi hubungan seks di tempat gelap. (Shutterstock)
Ilustrasi hubungan seks di tempat gelap. (Shutterstock)

Menurut Megan Arnot, proses ini mungkin menyebabkan pertukaran biologis antara menginvestasikan energi ke dalam ovulasi dan tempat lain.

Para ilmuwan mengatakan temuan mereka juga mendukung hipotesis nenek, maksudnya wanita yang lebih tua berkontribusi pada kebugaran individu lebih muda dengan merawat cucu.

Penelitian dalam jurnal Royal Society Open Science pada 3.000 wanita dengan usia rata-rata mulai 45 tahun menemukan bahwa menopause adalah hal yang tidak bisa dihindari oleh wanita dan tidak ada intervensi perilaku yang bisa mencegah penghentian reproduksi.

"Hasil ini merupakan indikasi awal bahwa waktu menopause mungkin adaptif dalam menanggapi kemungkinan hamil," kata Prof Ruth Mace.

https://www.suara.com/health/2020/01/15/145533/rebus-kulit-pisang-10-menit-lalu-minum-rasakan-5-manfaatnya-pada-tubuh

Berita Terkait

Berita Terkini