Info

5 Makanan Penyebab Penyumbatan Usus Besar, Batasi Mulai Sekarang!

Penyumbatan usus besar bisa menyebabkan masalah lebih serius.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi usus besar - (Pixabay/Elionas2)
Ilustrasi usus besar - (Pixabay/Elionas2)

Himedik.com - Obstruksi usus adalah penyumbatan yang membuat makanan atau cairan tidak melewati usus kecil atau usus besar. Kondisi ini harus segera diobati karena bisa menyebabkan masalah serius hingga kematian.

Perawatan medis yang cepat seringkali berhasil mengatasi masalah penyumbatan usus sampai tuntas.

Apalagi penyumbatan di usus besar, organ yang berfungsi mengeluarkan air dari chyme (mencerna partikel makanan) dan tinja. Idealnya, usus besar harus menghilangkan isinya setiap 8-12 jam.

Adapun makanan dan minuman yang bisa menyebabkan penyumbatan pada usus besar, seperti yang dilansir dari blackdoctor.org, antara lain:

1. Kafein

Minuman dan makanan yang mengandung kafein bisa memicu refluks asam karena merilekskan sfingter esofagus-flap yang menjaga makanan di perut. Hal ini bisa menyebabkan makanan naik lagi ke kerongkongan.

Ilustrasi Secangkir kopi akan membuat Anda lebih semangat. (sumber: visualphotos)
Ilustrasi Secangkir kopi akan membuat Anda lebih semangat. (sumber: visualphotos)

2. Makanan pedas

Makanan pedas bisa berdampak buruk bagi pencernaan karena dapat memicu gejala refluks asam bagi sebagian orang. Makanan pedas memang baik untuk beberapa kondisi, seperti sinus dan mengontrol berat badan. Tetapi, makanan terlalu banyak rempah panas dapat menyebabkan penyumbatan usus besar.

3. Wortel mentah

Makan wortel mentah tentu berbeda dengan wortel matang. Wortel mentah bisa membuat Anda merasa mual selama beberapa jam karena makanan itu berhenti di perut Anda yang bisa menyebabkan penyumbatan usus besar.

Ilustrasi wortel. (Shutterstock)
Ilustrasi wortel. (Shutterstock)

4. Susu sapi

Susu adalah zat pembentuk lendir paling banyak yang bisa Anda masukkan ke dalam mulut. Tapi, diet susu sapi telah dikaitkan dengan Inflammatory Bowel Disease (IBD) dan beberapa kasus Chrone's Disease.

5. Tepung putih

Tepung putih bertindak seperti lem di dalam usus besar Anda. Jadi, bayangkan saja jika Anda terlalu sering mengonsumsi tepung putih yang bisa menyumbat usus besar seiring berjalannya waktu.

Berita Terkait

Berita Terkini