Info

Kasus Kematian Virus Corona Pertama di Luar China, Seorang Pria 44 Tahun!

Pria ini terinfeksi virus corona hingga mengembangkan penumonia berat.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona. (Shutterstock)

Himedik.com - Pria berusia 44 tahun dilaporkan meninggal setelah terinfeksi virus corona Wuhan (2019-nCoV) pada Sabtu (1/2/2020) di sebuah rumah sakit di Manila, Filipina.

Menurut Departemen Kesehatan Filipina, lelaki tersebut berasal dari China dan ia tengah melakukan perjalanan ke Filipina pada saat terinfeksi. Ini adalah satu-satunya kasus kematian di luar China.

Teman perjalanannya, yang mana seorang wanita, diketahui masih dirawat di rumah sakit.

Mereka telah dirawat di Manila sejak 25 Januari dan sang lelaki diketahui menderita pneumonia berat.

Dilansir Fox News, pia yang meninggal tersebut dan rekannya memang berasal dari Wuhan, pusat penyebaran virus penyebab masalah pernapasan ini.

Baik sang lelaki dan rekannya tiba di Filipina setelah melakukan perjalanan melalui Hong Kong pada 21 Januari.

Virus Corona. (Antara)
Virus Corona. (Antara)

Dalam beberapa hari terakhir, kondisi pria itu stabil dan menunjukkan tanda-tanda pemulihan, tetapi kondisinya justru memburuk dalam beberapa jam menjelang kematiannya, kata Menteri Kesehatan Francisco Duque.

"Kami saat ini berkerja sama dengan kedutaan besar China untuk memastikan pengelolaan jenazah sesuai dengan standar nasional dan internasional untuk mengendalikan penyakit ini," kata Duque, dilansir Reuters.

Duque menambahkan, penyelidik sedang mencari informasi tentang kesehatan penumpang lain dalam penerbangan yang ditempuh pasangan itu untuk mencapai Filipina.

Di sisi lain, diketahui virus corona ini telah menewaskan lebih dari 300 orang dan menginfeksi lebih dari 14 ribu orang di China.

Berita Terkait

Berita Terkini