Info

Kebiasaan Buruk Ini Bikin Virus Mudah Menyebar, Jangan Lagi Melakukannya!

Cegah penyebaran virus dengan hentikan 7 kebiasaan buruk ini.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

ilustrasi bersin (ThinkstockPhotos)
ilustrasi bersin (ThinkstockPhotos)

Himedik.com - Saat ini, belum ada vaksin untuk virus corona Wuhan. Itulah sebabnya, pakar kesehatan mengimbau masyarakat untuk lebih menjaga diri sendiri agar tidak tertular virus.

Tapi sayangnya, ada beberapa orang yang masih bertindak 'nakal' dengan sengaja agar orang lain juga terinfeksi virus penyebab penyakit pernapasan ini.

Jadi, lebih baik hentikan kebiasaan buruk yang dapat menyebarkan virus seperti yang dilansir South China Morning Post ini untuk menghentikan penyebaran penyakit.

1. Tidak mencuci tangan. Sebenarnya ini adalah hal yang penting, terutama mencuci tangan dengan sabun setidaknya selama 20 detik.

2. Tidak menutup hidung saat batuk atau bersin, atau menutupi namun tidak mencuci tangan.

Ilustrasi mencuci tangan. (Pixabay)
Ilustrasi mencuci tangan. (Pixabay)

3. Mengupil atau memencet jerawat di depan umum. Sejumlah besar kuman hidup di dalam dan di tubuh manusia, dan mereka mudah menyebar. Menyentuh sekresi tubuh dan kemudian mengoleskan jari pada permukaan umum akan membuat kuman menyebar.

4. Tidak membuang tisu bekas. Beberapa orang masih meninggalkan tisu bekas di tempat umum yang terbuka. Hal ini tentu masih dapat menyebarkan virus.

5. Meludah di tempat umum. Lebih baik lakukan ini saat berada di kamar mandi agar langsung dapat disiram.

Ilustrasi seorang perempuan sedang bersin (Shutterstock).
Ilustrasi seorang perempuan sedang bersin (Shutterstock).

6. Membiarkan hewan peliharaan menyentuh, duduk atau menjilat permukaan yang disiapkan untuk makan.

7. Tidak membersihkan ponsel setiap hari. Pikirkan tangan Anda yang sudah memegang berbagai macam benda yang tidak tahu bagaimana kebersihan benda tersebut. Jadi, bersihkan ponsel setiap hari untuk mengurangi kotoran di permukaannya.

 

Berita Terkait

Berita Terkini