Info

Manfaat Kesehatan Minum Air Rebusan Jahe Tiap Pagi dan Malam

Air rebusan jahe dengan campuran perasan lemon bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan jantung.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

ilustrasi minuman jahe (Hello Sehat)
ilustrasi minuman jahe (Hello Sehat)

Himedik.com - Jahe merupakan salah satu rempah yang paling populer di dunia. Selain digunakan sebagai bumbu masakan, jahe juga sering dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional.

Menurut Ayuverda dan Homeopati dilansir oleh Times of India, jahe memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Apalagi jika Anda mengolahnya sebagai minuman air jahe.

Karena, air jahe adalah cara terbaik untuk mnedapatkan manfaat kesehatannya. Caranya, Anda cukup merebus irisan jahe selama 15 menit lalu tambahkan perasan lemon setelah dingin.

Minumlah segelas air rebusan jahe dan perasan lemon ini setiap pagi dan malam sebelum makan. Berikut ini manfaat kesehatan setelah rutin minum air jahe.

1. Mengatur tekanan darah

Jahe adalah pengencer darah yang kuat. Jadi, minum air jahe adalah cara yang bagus untuk mengatur tingkat tekanan darah.

Air jahe bisa digunakan sebagai stimulan ringan untuk membantu mengurangi masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Teh jahe. (Shutterstock)
Ilustrasi air rebusan jahe. (Shutterstock)

2. Menurunkan kadar kolesterol

Penderita penyakit jantung disarankan untuk mengonsumsi jahe. Penelitian tahun 2004 pun menemukan jahe bisa menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida total.

Karena, tingkat LDL yang tinggi atau kolesterol jahat berkaitan dengan peningkatakan risiko penyakit jantung. Jadi, air jahe bisa membantu Anda mengendalikan kolesterol yang akhirnya bisa menurunkan risiko sakit jantung.

3. Mengatasi infeksi

Air jahe mengandung zat bioaktif yang disebut gingerol. Zat dalam jahe ini bisa membantu menurunkan risiko infeksi.

Karena, air jahe dapat mencegah pertumbuhan banyak bakteri di dalam tubuh. Air jahe juga sangat efektif melawan virus Respiratory syncytial atau RSV yang berhubungan dengan infeksi pernapasan.

4. Antioksidan

Jahe juga memiliki sifat antioksidan yang kuat. Karena itu, minum air jahe dapat membantu memerangi radikal bebas dalam tubuh dan mencegahnya merusak jaringan serta organ tubuh.

5. Melancarkan sirkulasi darah

Jahe telah terbukti bisa meningkatkan sirkulasi darah. Karena, jahe adalah sumber seng dan magnesium yang baik dan penting untuk sirkulasi darah. Jadi, manfaat dari jahe ini juga akan meningkatkan kesehatan jantung.

Berita Terkait

Berita Terkini