Info

Minum Kopi Bisa Tingkatkan kepadatan Tulang, Ini Alasannya!

Peneliti menemukan peminum kopi memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih kuat.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Minum kopi di pagi hari seperti Reino Barack ternyata memberikan 5 manfaat mengejutkan, salah satunya turunkan risiko kematian (Pixabay/cocoparisienne)
Minum kopi di pagi hari seperti Reino Barack ternyata memberikan 5 manfaat mengejutkan, salah satunya turunkan risiko kematian (Pixabay/cocoparisienne)

Himedik.com - Banyak orang menghindari minum kopi karena khawatir dengan risiko kesehatannya. Faktanya, minum kopi tidak selalu memperburuk kesehatan tubuh.

Biasanya orang memilih minum kopi untuk membuat tubuhnya lebih segar dan berenergi melakukan aktivitas sehari-hari. Tetapi, banyak orang mungkin belum mengetahui manfaatnya untuk kesehatan tulang.

Sebuah penelitian baru yang dilansir oleh World of Buzz, minum kopi memiliki manfaat kesehatan tambahan yang memperkuat tulang Anda.

Penelitian yang dilakukan oleh University of Hong Kong telah meriset 564 orang dewasa di China dalam studi osteoporosis. Para ilmuwan ini membandingkan kepadatan mineral tulang peminum kopi dengan mereka yang tidak.

Hasilnya, para peneliti terkejut bahwa peminum kopi memiliki kepadatan mineral tulang yang lebih kuat dibandingkan orang yang tidak pernah minum kopi.

Ilustrasi kopi. (Dok : Istimewa)
Ilustrasi kopi. (Dok : Istimewa)

Berdasarkan penelitian ini, mereka menemukan bahwa ada 3 molekul yang terkait dengan minum kopi dan kepadatan tulang. Tiga molekul ini termasuk quinasi, 3-hydroxypyridine sulfate dan trigonelline.

Meski begitu, penelitian ini masih menimbulkan keraguan karena baru dilakukan dalam ruang lingkup kecil dan hanya melibatkan orang-orang peminum kopi.

Manfaat kesehatan minum kopi hampir semuanya bersifat preventif. Namun, para ahli mengatakan bahwa hasilnya cukup kuat untuk menyimpulkan bahwa kopi baik untuk kesehatan tulang.

"Bagi orang yang khawatir tentang efek kesehatan minum kopi, nampaknya ini merupakan hal baik. Karena minum kopi justru baik untuk kesehatan tulang," kata Chad Deal dari Cleveland Clinic.

Sebelumnya, penelitian lain juga menunjukkan bahwa kopi bermanfaat untuk kesehatan. Sebuah studi National Institutes of Health 2012 pada lebih dari 400 ribu orang di Amerika, menyatakan mereka yang minum kopi memiliki risiko kematian lebih rendah.

Risiko kematian lebih rendah di antara mereka, termasuk disebabkan oleh penyakit tidak menular seperti jantung, stroke dan diabetes.

Studi yang melibatkan lebih dari 500 ribu orang Eropa tahun 2017 juga menyimpulkan hal sama. Orang yang minum 3 sampai 4 cangkir kopi sehari mungkin 19 persen lebih kecil kemungkinannya meninggal karena penyakit jantung.

Tampaknya, kopi bisa membantu meningkatkan fungsi pembangkit tenaga sel dalam tubuh kita dan mencegah masalah kesehatan. Tapi, ini bukan berarti Anda hanya akan duduk menikmati kopi tanpa beraktivitas.

Berita Terkait

Berita Terkini