Info

Bukan Udara, Penularan Corona Covid-19 Lewat Cairan Batuk dan Bersin

Cara penularan corona Covid-19 ini perlu diwaspadai bersama.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi Indonesia positif corona covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi Indonesia positif corona covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Presiden Joko Widodo mengumumkan dua orang WNI positif corona Covid-19 pada Senin (02/03/2020). Mereka adalah ibu dan anak warga Depok, masing-masing berusia 64 dan 31 tahun.

Diketahui keduanya terinfeksi setelah melakukan kontak langsung dengan warga Jepang yang dinyatakan positif corona Covid-19 saat tiba di Malaysia. 

Kabar bahwa Indonesia terkonfirmasi positif corona Covid-19 tentu mengagetkan banyak pihak dan menimbulkan kecemasan di antara masyarakat. Salah satu yang menjadi pertanyaan adalah cara penularan corona Covid-19.

Laman CDC Amerika Serikat menyebut ada beberapa cara penularan corona Covid-19 yang sudah diketahui hingga saat ini, mari simak!

1. Penularan dari manusia ke manusia

Penularan dari manusia ke manusia terjadi melalui cairan droplet yang keluar saat bersin atau batuk. Cairan droplet berisi virus bisa mendarat di bagian tubuh orang lain seperti mulut dan tangan, sebelum akhirnya masuk ke paru-paru. Untuk itu, keutamaan penggunaan masker bagi orang yang sedang sakit lebih ditingkatkan.

Pencegahan juga dilakukan dengan rajin mencuci tangan pakai sabun atau hand sanitizer. Cuci tangan pakai sabun penting, karena tangan berpotensi membawa masuk virus yang terhirup ke paru-paru.

2. Penularan dari benda ke manusia

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi terkait penularan dari benda ke manusia. Namun, CDC menyarankan Anda agar rutin membasuh barang-barang yang digunakan harian seperti smartphone, laptop, dompet, dan lainnya menggunakan tisu antiseptik.

Virus Corona (Coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)
Virus Corona (Coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)

3. Penularan dari hewan ke manusia

Teori awal virus Corona Covid-19 memang berasal dari hewan, diduga kelelawar hingga ular, yang dimakan dan akhirnya menginfeksi manusia.

Namun sekali lagi, hal ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah.

Berita Terkait

Berita Terkini