Info

Cegah Penularan Virus Corona Covid-19, Cobalah Konsumsi Vitamin C!

Konsumsi vitamin C disebut bisa mencegah penularan virus corona Covid-19 karena meningkatkan daya tahan tubuh.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi vitamin C. (Pixabay/Free-Photos)
Ilustrasi vitamin C. (Pixabay/Free-Photos)

Himedik.com - Sebuah studi yang dilakukan di China telah melihat efek vitamin C sebagai vaksin potensial untuk melawan virus corona Covid-19 yang mematikan.

Ilmuwan China mencoba memberikan vitamin C dalam jumlah tinggi pada pasien yang terinfeksi virus corona Covid-19. Vitamin C ini sebagai upaya untuk mencari tahu nutrisi dapat mengekang virus atau tidak.

Para peneliti di Rumah Sakit Zhongnan, Universitas Wuhan memberikan infus 24 gram vitamin C harian kepada pasien yang terinfeksi virus corona Covid-19 selama 7 hari.

Namun yang dilansir dari Express, dosis vitamin C harian yang diberikan oleh China sekitar 60 kali lebih banyak daripada jumlah yang direkomendasikan oleh NHS.

Menurut Dr. Thomas Levy, ahli jantung Amerika Serikat, vitamin C telah bekerja melawan setiap virus jika diberikan dalam takaran yang cukup.

Dr. Mike Skinner, ahli virologi di Imperial College London, mengatakan para peneliti tidak akan tahu tentang potensi vitamin C dalam beberapa waktu. Sekarang pun manfaat vitamin untuk melawan virus masih diuji.

Ilustrasi virus Corona Covid-19 - (Pixabay/geralt)
Ilustrasi virus Corona Covid-19 - (Pixabay/geralt)

Sementara itu dilansir oleh Hello Sehat, setiap penyakit muncul berkaitan dengan daya tahan tubuh atau sistem kekebalan tubuh seseorang. Dalam hal ini, vitamin C bisa berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh sekaligus mencegah infeksi penyakit apapun.

Vitamin C juga berfungsi mendukung kerja neutrofil, sel pertama dari sistem kekebalan tubuh yang merespons dengan cara menyerang bakteri atau virus.

Selain itu, vitamin C juga memiliki banyak peran lain dalam mencegah tubuh terinfeksi virus corona Covid-19, antara lain:

1. Menyembuhkan batuk dan flu

Vitamin C bisa menyebuhkan gejala batuk dan flu agar tidak terjadi komplikasi serius. Karena, batuk dan flu bisa berkembang menjadi pneumonia dan infeksi paru-paru.

2. Memperbaiki jaringan tubuh

Vitamin C juga bisa membantu memperbaiki jaringan rusak, seperti menyembuhkan luka di tubuh. Bahkan kandungan vitamin C juga bisa merawat kesehatan tulang dan gigi.

3. Menangkal radikal bebas

Vitamin C juga mengandung antioksidan yang bisa menangkal dampak buruk radikal bebas. Karena radikal bebas bisa mengembangkan penyakit seperti kanker, gangguan jantung dan artritis. Karena itu, vitamin C disebut bisa mencegah infeksi virus corona.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Berita Terkait

Berita Terkini