Info

Awas! Orang dengan Riwayat Penyakit Ini Lebih Rentan Corona Covid-19

Orang dengan riwayat penyakit tertentu lebih berisiko terinfeksi virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Corona Covid-19. (Shutterstock)
Corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Kasus virus corona Covid-19 terus meningkat di berbagai wilayah di luar pusat penyebarannya, China. Akibatnya, semua orang panik dan berbondong-bondong membeli masker hingga antiseptik untuk melindungi diri.

Tetapi, banyak orang mungkin belum mengetahui kalau kondisi kesehatan tertentu bisa meningkatkan risikonya terinfeksi virus corona Covid-19.

Sebuah studi terbaru di China dilansir oleh The Sun, mengungkapkan bahwa orang dengan riwayat penyakit tertentu lebih berisiko terinfeksi virus corona Covid-19. Khususnya, orang dengan penyakit jantung, diabetes dan kanker yang memiliki peluang 79 persen lebih besar terinfeksi virus corona.

Tak hanya terinfeksi, mereka juga lebih berisiko menjalani perawatan intensif, memakai ventilator dan meninggal dunia akibat virus corona Covid-19.

Karena, sistem kekebalan tubuh mereka sudah melemah dan tubuh kekurangan kekuatan untuk menghadapi infeksi virus corona Covid-19.

Para ahli juga memeringatkan para lansia yang paling berisiko tinggi terhadap virus corona Covid-19. Mereka juga mendesak orang-orang untuk menjauhi acara sosial sementara waktu.

Ilustrasi virus Corona Covid-19 - (Pixabay/geralt)
Ilustrasi virus Corona Covid-19 - (Pixabay/geralt)

Berikut ini beberapa alasan penyakit tertentu bisa meningkatakn risiko corona Covid-19.

1. Diabetes

Secara umum, orang dengan diabetes menghadapi risiko komplikasi yang lebih besar ketika berhadapan dengan infeksi virus seperti flu, termasuk corona Covid-19.

Karena, kadar glukosa yang berfluktuasi atau meningkat, memiliki respon imun yang lebih rendah. Artinya, seseorang memiliki lebih sedikit perlindungan diri terhadap virus corona Covid-19.

2. Penyakit jantung

Berdasarkan laporan, sekitar 40 persen pasien corona Covid-19 yang dirawat di rumah sakit juga menderita penyakit kardiovaskular.

Secara khusus, seseorang dengan penyakit jantung cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Sehingga tubuhnya lebih berisiko terpapar virus.

3. Asma

Asma adalah masalah pernapasan yang disebabkan oleh radang saluran pernapasan, yang berfungsi membawa udara ke dan dari paru-paru. Karena virus corona adalah penyakit yang menyerang paru-paru dan saluran udara, artinya penderita asma akan lebih rentan.

4. Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

PPOK adalah nama untuk sekelompok kondisi paru-paru yang menyebabkan kesulitan bernapas. Kondisi ini termasuk emfisema (kerusakan kantung udara di paru-paru) dan bronkitis kronis (radang saluran udara jangka panjang).

Orang dengan PPOK lebih rentan terinfeksi virus corona karena mereka memiliki gangguan lapisan epitel mereka atau kerusakan pada penghalang seluler yang membantu melindungi paru-paru.

5. Kanker

Pasien kanker lebih rentang terinfeksi corona Covid-19 karena sistem kekebalan tubuhnya yang melemah. Salah satu penyebabnya adalah efek samping kemoterapi yang mengurangi jumlah sel darah putih dan menurunkan fungsi kekebalan tubuh.

Bahkan virus corona Covid-19 cenderung berkembang lebih cepat dan besar pada pasien kanker. Karena itu, segera larikan pasien ke dokter jika mengalami suhu tinggi, batuk atau sesak napas.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Berita Terkait

Berita Terkini