Info

Dialami oleh Thalita Latief, Kenali Penyebab Umum Tumor Tiroid

Penyakit ini terjadi akibat adanya perubahan DNA pada sel yang terdapat di kelenjar tiroid.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Thalita Latief. (Suara.com/Ismail)
Thalita Latief. (Suara.com/Ismail)

Himedik.com - Artis Thalita Latief baru saja mengungkapkan bahwa dirinya didiagnosis tumor tiroid stadium 4. Hal ini diumumkannya melalui Instagram pada Jumat (6/3/2020).

"Aku sakit teman-teman, dari awal Januari kemarin aku divonis memiliki tumor di tiroid aku. Grade 4. Aku juga masih syok saat ini. Jadi sudah hampir 2 bulan aku melakukan treatment bolak-balik rumah sakit ke dokter dan tumor ini harus segera diangkat," kata Thalita Latief di video yang diunggahnya di Instagram.

"Jadi hari ini mungkin pas teman-teman lagi nonton video ini, aku lagi ada di kamar operasi," lanjutnya lagi.

Untungnya, operasi tersebut berjalan lancar, seperti yang dikabarkan oleh suaminya, Dennis Lyla, melalui unggahan Instagram Story.

"Alhamdulillah semua proses operasi istri saya berjalan dengan lancar," tulisnya.

Tiroid atau kelenjar tiroid merupakan organ kecil yang terletak di bagian depan leher. Fungsi dari kelenjar ini adalah untuk mengatur metabolisme tubuh, tekanan darah, denyut jantung, suhu, dan berat badan.

Thalita Latief. (Instagram/@thalitalatief)
Thalita Latief. (Instagram/@thalitalatief)

Kelenjar tiroid ini memiliki dua sel, yaitu sel folikuler dan sel parafolikuler.

Munculnya nodul atau benjolan pada kelenjar tiroid adalah salah satu tanda dari kanker tiroid.

Penyebab kanker tiroid

Dilansir Hello Sehat, penyakit ini terjadi akibat adanya perubahan DNA pada sel yang terdapat di kelenjar tiroid. Kondisi ini menyebabkan munculnya benjolan pada tiroid.

Sel-sel kelenjar tiroid yang bermutasi akan berkembang secara cepat dan tidak terkendali. Hal ini menyebabkan sel-sel tersebut tidak mudah mati. Padahal, sel-sel yang normal seharusnya digantikan oleh sel baru.

Sel-sel yang tidak normal tersebut akan menyerang jaringan di sekitarnya, mengakibatkan pertumbuhan tumor. Penyebarannya pun berpotensi menjalar ke organ-organ tubuh lainnya.

Penyebab pasti dari mutasi sel kelenjar tiroid hingga saat ini belum diketahui.

Namun di sisi lain, para ahli meyakini bahwa paparan radiasi yang tinggi memengaruhi kondisi ini, terutama pada anak-anak yang menjalani terapi radiasi pada bagian kepala, leher atau dada bagian atas.

Berita Terkait

Berita Terkini