Info

CDC: Lansia & Orang dengan Kondisi Medis Parah Kurangi Pergi Jalan-Jalan

Hal ini dilakukan untuk menghindari penularan virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Lansia. (pixabay/stevepb)
Lansia. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat telah menyarankan orang lanjut usia (lansia) dan orang dengan kondisi medis kronis parah untuk tinggal di dalam rumah sebanyak mungkin.

Berdasarkan data awal, orang lanjut usia dua kali lebih mungkin terkena penyakit serius saat terinfeksi virus corona Covid-19.

Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS sedang dalam proses menjangkau lansia dan mereka yang memiliki kondisi kesehatan yang serius.

Panduan ini datang ketika dua ahli penyakit menular AS telah menyarankan orang berusia lebih dari 60 tahun dan mereka yang memiliki masalah kesehatan untuk menghindari kegiatan yang melibatkan banyak orang.

William Schaffner, seorang profesor di Universitas Vanderbilt dan penasihat lama CDC, mengatakan kedua kelompok ini harus mempertimbangkan untuk menghindari kegiatan seperti bepergian dengan pesawat, pergi ke bioskop, dan berbelanja di tempat yang sangat ramai.

Rusun khusus lansia di Cibubur, Jakarta, Kamis (3/5).
Rusun khusus lansia di Cibubur, Jakarta, Kamis (3/5).

"Ini seharusnya menjadi perhatian utama bagi orang berusia di atas 60 tahun, dan mereka yang memiliki masalah kesehatan mendasar, seperti penyakit jantung atau paru-paru, diabetes, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah," kata Schaffner, dilansir CNN.

"Satu-satunya hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menghindari virus adalah mengurangi kontak langsung dengan orang," sambungnya.

Michael Osterholm, mantan ahli epidemiologi negara bagian untuk Minnesota, juga setuju dengan hal ini.

"Aku pikir jelas sudah saatnya untuk mengambil langkah-langkah ini," tuturnya.

Menurut data dari China, jelas Schaffner dan Osterholm, orang lanjut usia dan orang yang memiliki masalah kesehatan berisiko menjadi sakit parah dan meninggal akibat Covid-19 yang baru.

Sedangkan orang yang lebih muda dan lebih sehat seringkali hanya mengalami gejala ringan hingga sedang, atau terkadang tidak menunjukkan gejala sama sekali.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Berita Terkait

Berita Terkini