Info

Cobalah Makan Nanas 1 Buah Per Hari, Ini yang akan Terjadi pada Tubuh!

Konsumsi buah nanas 1 buah per hari bisa menyebabkan dampak buruk dan manfaat baik pada tubuh.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Buah nanas. (pixabay/Security)
Buah nanas. (pixabay/Security)

Himedik.com - Banyak orang berusaha menghindari nanas karena terasa gatal atau perih ketika memakannya. Padahal nanas yang terasa manis dan asam ini menyimpan banyak nutrisi.

Nanas juga memiliki manfaat kesehatan yang sama seperti buah-buahan lain. Nanas mengandung senyawa bromelain kuat yang bisa membantu membunuh sel kanker.

Tetapi, makan nanas terlalu banyak bisa menyebabkan diabetes, kerusakan gigi dan reaksi alergi. Berikut ini yang mungkin terjadi pada tubuh jika makan 1 buah nanas utuh setiap hari seperti dilansir dari Organic Welcome.

1. Masalah gula darah

Buah mengandung gula alami yang tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi, nanas termasuk buah yang mengandung gula cukup tinggi. Sehingga makan nanas terlalu banyak bisa meningkatkan kadar gula darah.

Sedangkan, gula darah tinggi kronis merupakan faktor risiko utama diabetes. Satu nanas utuh juga mengandung lebih dari 122 gram karbohidrat dan lebih dari 40 persen dari nilai harian yang direkomendasikan.

Ilustrasi memakan nanas. [Shutterstock]
Ilustrasi memakan nanas. [Shutterstock]

2. Overdosis bromelain

Bromelain adalah senyawa dalam nanas yang memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti menjaga kesehatan jantung, mengurangi peradangan hingga membunuh sel kanker.

Namun, terlalu banyak bromelain memiliki efek samping, termasuk diare, mual, muntah dan pendarahan menstruasi yang lebih berat. Karena itu, orang yang baru saja operasi lebih baik menghindari konsumsi buah nanas.

3. Kerusakan gigi

Nanas yang sangat asam bisa membuat enamel gigi aus. Kerusakan gigi juga lebih buruk jika Anda menyikat gigi setelah mengonsumsinya. Karena enamel gigi akan melunak akibat asam, sehingga lebih mudah aus ketika menyikat gigi.

Jika enamel gigi hilang, gigi mungkin akan lebih sensitif terhadap panas, dingin, asam dan pedas. Sebaiknya minum air setelah makan nanas untuk menjaga enamel gigi.

4. Interaksi obat

Karena bromelain dalam nanas bisa mengencerkan darah, maka orang yang emngonsumsi obat pengencer darah lebih baik tidak mengonsumsinya. Adapun obat-obatan yang bisa berinteraksi ketika Anda mengonsumsi bromelain dalam nanas, termasuk antibiotik, sedatif dan obat anti-kejang.

Bromelain juga bisa meningkatkan efek samping dari minum obat, terutama antibiotik. Misalnya, makan nanas bersama dengan amoksisilin bisa menyebabkan hal-hal buruk seperti nyeri dada, hidung berdarah, kedinginan, demam dan pusing.

5. Alergi

Sebenarnya nanas merupakan alergen yang sangat umum dengan gejala ringan. Tetapi, gejalanya bisa sangat parah pada orang yang paling sensitif.

Biasanya orang yang mengalami alergi nanas bisa mengalami bibir lembut dan bengkak serta sensasi gatal atau kesemutan di tenggorokan. Reaksi alergi yang lebih serius bisa termasuk gatal-gatal dan muntah.

Pada kasus lebih parah, gejalanya akan dalam beberapa jam. Namun, makan nanas setiap hari bisa membuat stres luar biasa pada tubuh yang memicu peradangan dan penyakit lain.

Berita Terkait

Berita Terkini