Info

5 Tips dari Ahli Gizi untuk Jaga Kekebalan Tubuh Menghadapi Corona Covid-19

Menurut Hannah, pola makan yang sehat bisa membangun usus sehat dan sistem kekebalan tubuh kuat.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi tubuh sehat. (Unsplash/Juan Camilo Navia)
Ilustrasi tubuh sehat. (Unsplash/Juan Camilo Navia)

Himedik.com - Menjaga kebersihan dengan cuci tangan saja tidak cukup untuk mencegah penularan virus corona Covid-19. Menjaga sistem kekebalan tubuh pun diperlukan agar tidak mudah terinfeksi virus maupun penyakit.

Hannah Richards, ahli gizi sekaligus penulis The Best Possible You: A Unique Nutritional Guide To Healing Your Body, memberikan kiat-kiat untuk menjaga kekebalan tubuh.

"Sistem kekebalan hidup di sistem pencernaan kita, karena adanya hubungan kuat antara makanan, bakteri usus dan kekebalan tubuh kita," kata Hannah Richards dikutip dari Metro.

Menurut Hannah, pola makan yang sehat bisa membangun usus sehat dan sistem kekebalan tubuh kuat. Sehingga tubuh kita lebih kuat dan tidak rentan terhadap infeksi, patogen, virus dan bakteri penyebab penyakit.

Berikut ini tips menjaga sistem kekebalan tubuh di tengah kekhawatiran virus corona Covid-19 dari Hannah Richards.

Wabah virus corona (coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)
Wabah virus corona (coronavirus) Covid-19. (Shutterstock)

1. Konsumsi makanan segar dan sehat yang dimasak di rumah

Usahakan Anda selalu mengonsumsi makanan yang dibuat sendiri di rumah. Konsumsilah makanan segar seperti sayuran, dibandingkan makanan cepat saji.

2. Perhatikan kualitas tidur

Tidur yang berkualitas atau teratur bisa membantu memulihkan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh kita. Tubuh kita perlu memperbaiki diri ketika tidur. Jadi, pastikan And atidur setidaknya 8 jam setiap malam.

3. Konsumsi vitamin C

Konsumsi vitamin C atau suplemen juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian telah mengungkapkan bahwa orang yang mendapat vitamin C lebih tahan terhadap infeksi virus.

4. Hindari minum alkohol dan merokok

Minum alkohol dan merokok merupakan kebiasaan buruk yang perlu ditinggalkan demi melawan virus corona Covid-19. Karena, kebiasaan buruk ini berdampak cukup besar pada sistem kekabalan tubuh yang lemah.

5. Kurangi stres

Pastikan Anda tidak stres atau berpikir berat yang bisa berdampak pada sistem kekebalan tubuh. Anda perlu menjaga kesehatan mental di tengah kepanikan virus corona Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terkini