Info

Ada Anggota Keluarga Positif Corona Covid-19? Lakukan Ini saat Swakarantina

Langkah yang perlu dilakukan ketika ada anggota keluarga yang terinfeksi virus corona Covid-19 saat masa swakarantina di rumah.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Corona Covid-19. (Shutterstock)
Corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Isolasi diri di rumah cukup membantu mencegah penularan virus corona Covid-19. Tetapi, Anda mungkin kebingungan ketika ada anggota keluarga yang positif corona Covid-19 saat masa swakarantina di rumah.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) merekomendasikan bahwa jika ada orang di rumah yang positif virus corona Covid-19. Semua orang di rumah harus mengarantina dirinya sendiri selama minimal 14 hari atau lebih lama, sampai pasien tidak mengalami gejala atau hasil tesnya negatif.

Jika seorang kerabat memiliki gejala mirip flu, tetapi belum tes virus corona Covid-19. Pakar kesehatan global, Dr. Macklin E. Guzman menyarankan seseorang harus memanggil penyedia layanan kesehatan untuk tes medis.

Sementara itu, karantina sendiri bisa membantu mencegah penularan dan penyebaran virus corona Covid-19 pada orang di sekitar. Tetapi, CDC mengatakan ada langkah-langkah yang bisa dilakukan anggota keluarga dan teman sekamar agar tetap sehat.

Guzman menyaranakan seseorang mengikuti langkah-langkah perlindungan diri dari ahli kesehatan, jika seseorang di rumah positif terinfeksi virus corona Covid-19.

Peta sebaran virus corona Microsoft. (bing.com/covid)
Peta sebaran virus corona Microsoft. (bing.com/covid)

"Biasanya aman jika Anda mengikuti perlindungan yang direkomendasikan untuk mencegah penyebaran dan menjaga jarak dari anggota keluarga yang terinfeksi," jelas CDC dikutip dari Fox News.

CDC juga merekomendasikan anggota keluarga yang positif terinfeksi corona Covid-19 tinggal di satu ruangan sama yang jauh dari kamar lainnya. Bahkan sediakan kamar mandi khusus mereka jika memungkinkan.

Selain itu, pintu menuju kamar orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 juga perlu ditutup dan hanya satu anggota keluarga yang harus merawatnya.

Namun, orang yang merawatan anggota keluarga positif corona Covid-19 juga perlu meninggalkan makanan di luar kamar dan mereka perlu memakai masker jika pengasuh masuk ke dalam ruangannya.

Sedangkan, anggota keluarga yang sudah tua, sangat muda dan memiliki masalah kesehatan bawaan perlu menjaga jarak atau menghindari interaksi. Jauhkan tempat sampah tisu dan limbah lainnya miliki keluarga yang terinfeksi corona dengan orang lain.

Para ahli juga menyarankan pasien yang terinfeksi corona Covid-19 menghindari kontak dengan hewan peliharaan di rumah. Karena, hewan peliharan mungkin saja bisa tertula virus.

Selama karantina di rumah, orang yang sehat juga perlu memantau gejala dan suhu tubuhnya ketika tinggal dengan orang yang positif corona Covid-19. Segera hubungan dokter jika Anda mulai merasa sakit.

Berita Terkait

Berita Terkini