Info

Jaga Imunitas Tubuh! Orang Muda dan Sehat Tidak Kebal Virus Corona Covid-19

Orang muda juga harus ingat bahwa mereka dapat menjadi carrier atau pembawa virus corona ke orang yang rentan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi muda dan sehat. (Pixabay/xusenru)
Ilustrasi muda dan sehat. (Pixabay/xusenru)

Himedik.com - Selama wabah virus corona Covid-19, diyakini bahwa orang muda dan sehat tidak mudah terinfeksi. Meski demikian, bukan berarti kaum muda kebal terhadap virus mematikan tersebut.

Dilansir dari The Hill, orang-orang muda tetap harus khawatir tentang wabah virus corona, yang secara tidak proporsional menargetkan populasi lansia. Demikian kata Dr. Anthony Fauci, kepala Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular.

"Orang-orang yang lebih muda harus khawatir karena dua alasan. Anda tidak kebal atau aman dari sakit parah," katanya pada CNN's "State of the Union", Minggu (15/03/2020).

Fauci mencatat bahwa sementara jumlah kasus yang dikonfirmasi lebih dominan terhadap orang tua, virus "bukan formula matematika."

"Ada orang-orang muda yang akan jatuh sakit," kata Fauci.

Selain melindungi diri mereka sendiri, kaum muda juga harus ingat bahwa mereka dapat menjadi pembawa virus meskipun mereka tidak sakit parah, kata Fauci.

Mencegah virus Corona Covid-19 dengan menggunakan masker di bandara. (Shutterstock)
Mencegah virus Corona Covid-19 dengan menggunakan masker di bandara. (Shutterstock)

"Anda bisa membawanya ke seseorang, yang bisa membawanya ke nenek atau kakek Anda atau saudara lanjut usia," tambahnya.

Brianna Keilar dari CNN juga mencatat bahwa kerumunan masih terbentuk di bar dan restoran di seluruh negeri, terutama di kalangan orang Amerika yang lebih muda, dan bertanya kepada Fauci apakah penguncian nasional, yang telah diterapkan Italia, harus dipertimbangkan.

"Saya ingin melihat penurunan dramatis dari interaksi pribadi yang kita lihat di restoran dan bar. Apa pun yang diperlukan untuk melakukan itu, itulah yang ingin saya lihat," jawab Fauci.

Catatan Redaksi: Jika Anda merasakan gejala batuk-batuk, demam, dan lainnya serta ingin mengetahui informasi yang benar soal virus corona Covid-19, sila hubungi Hotline Kemenkes 021-5210411 atau kontak ke nomor 081212123119.

Berita Terkait

Berita Terkini