Info

Cegah Corona Covid-19, Begini Cara Bersihkan Mainan Anak!

Membersihkan mainan anak cukup dengan cara sederhana.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi balita bermain. (pixabay/FeeLoona)
Ilustrasi balita bermain. (pixabay/FeeLoona)

Himedik.com - Dalam kondisi pandemi Corona Covid-19 saat ini, orangtua juga perlu memberikan informasi kepada anak bahwa mainan yang tidak bersih bisa menjadi sarang virus. Karena itu, sudah menjadi tugas orangtua untuk memastikan bahwa mainan anak yang digunakan tetap bersih.

Sebab mainan jadi salah satu benda yang paling sering dipegang anak-anak usia di bawah lima tahun (balita). Tak jarang balita memasukan mainan itu ke mulutnya. 

Mengutip dari laman corona.jakarta.go.id, membersihkan mainan anak cukup dengan cara sederhana.

Pertama, kumpulkan mainan yang berbahan plastik dan keras. Kemudian basahi mainan dengan air hangat, beri sabun dan sikat secara menyeluruh.

Setelah itu bilas dengan air mengalir, rendam dalam cairan disinfektan selama 10 sampai 20 detik. Lalu bilas kembali dengan air mengalir. Biarkan mainan kering. Setelah itu simpan dalam wadah kering.

Ilustrasi mainan anak. (Shutterstock)
Ilustrasi mainan anak. (Shutterstock)

Perlu Bunda ketahui membersihkan mainan harus dilakukan rutin menggunakan disinfektan yang dianjurkan atau mengandung alkohol 70 persen.

Namun jika tidak ada, cairan disinfektan bisa dibuat sendiri dari bahan pemutih. Caranya, larutkan dua sendok makan larutan pemutih rumah tangga ke dalam satu liter air keran. Kemudian gunakan untuk mencuci mainan.

Praktikkan membersihkan rumah saat anak tidak tidur agar bisa dicontohnya. Bisa juga melibatkan anak dalam membersihkan mainannya dengan cara menyenangkan seperti meminta menghitung jumlah mainan yang berhasil dimasukkan ke keranjang.

Memang cukup menguras waktu dalam membersihkan mainan anak. Namun hal ini perlu dilakukan agar si buah hati terhindar dari virus corona covid-19. Selamat mencoba, Bunda!

Berita Terkait

Berita Terkini