Info

Kenali Ciri Infeksi Virus Corona Covid-19 Tanpa Gejala, Cek Lesi di Kaki!

Ahli menduga lesi kaki sebagai tanda infeksi virus corona Covid-19 pada orang tanpa gejala.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi telapak kaki. (Pixabay/xavalox)
Ilustrasi telapak kaki. (Pixabay/xavalox)

Himedik.com - Saat ini sudah 1,9 juta orang yang positif terinfeksi virus corona Covid-19 di dunia. Cara penyebaran virus ini antar manusia pun cukup beragam.

Sejauh ini, gejala umum virus corona Covid-19 yang diketahui masyarakat adalah batuk terus-menerus dan demam tinggi. Jika seseorang mengalami gejala virus corona Covid-19 sudah disarankan untuk isolasi mandiri di rumah.

Tapi, ada pula orang-orang yang tidak menunjukkan gejala infeksi virus corona Covid-19 apapun. Artinya, mereka membawa dan bisa menularkan virusnya ke orang lain.

Dalam kondisi tanpa gejala itu, seseorang menjadi kesulitan mendeteksi dirinya terbebas dari virus corona Covid-19 atau tidak. Namun, Anda mungkin bisa mendeteksi gejalanya di bagian kaki.

Para ahli medis di Spanyol sekarang ini pun sedang menyelidiki lesi kecil di kaki termasuk tanda virus corona Covid-19 dari orang tanpa gejala atau tidak.

Ilustrasi kaki (Shutterstock)
Ilustrasi kaki (Shutterstock)

Beberapa hari lalu Dewan Umum Resmi Spanyol, Perguruan Tinggi Podiatris pun membagian pernyataan yang mengungkapkan bahwa beberapa pasien virus corona Covid-19 mengalami lesi pada kakinya.

"Bentuknya berupa lesi warna ungu (sangat mirip dengan cacar air, campak atau chilblains) yang biasanya muncul di jari kaki dan biasanya sembuh tanpa meninggalkan bekas," jelas Dewan Umum dikutip dari Mirror.

Menurut ahli kulit dan ahli penyakit kaki juga menambahkan bahwa gejala berupa lesi kaki ini juga ditemukan pada banyak pasien virus corona Covid-19 di Italia, Perancis dan Spanyol.

Lesi pada kaki ini lebih sering terlihat pada pasien virus corona Covid-19 yang lebih muda, termasuk remaja dan anak-anak. Meskipun beberapa pasien dewasa juga memilikinya tapi jumlahnya masih sedikit.

Kenali Ciri Infeksi Virus Corona Covid-19 Tanpa Gejala, Cek Lesi di Kaki! - 2
ilustrasi kaki.

"Dewan Podiatris mendesak perguruan tinggi dan anggotanya untuk mewaspasdai lesi pada kaki yang mungkin tanda infeksi virus corona Covid-19. Sehingga kewaspadaan ini bisa mencegah penularan lebih luas," jelas para ahli.

Namun, mereka juga mengaku bahwa temuannya ini belum didukung dengan bukti ilmiah. Sehingga lesi pada kaki belum pasti gejala virus corona Covid-19, tapi bisa dicurigai.

"Karena, durasi penelitiannya yang singkat. Jadi belum ada bukti ilmiah yang mendukungnya," jelas para ahli.

Kasus pertama pasien virus corona Covid-19 yang memiliki lesi di kaki terjadi di The International Federation of Pediatrists. Pasien merupakan anak laki-laki usia 13 tahun yang jatuh sakit dan mengalami lesi di kaki.

Mulanya, anak itu diduga telah digigit laba-laba. Tapi, setelah beberapa hari ia mulai menunjukkan gejala virus corona Covid-19. Sehingga lesi pada kakinya seolah tanda infeksi virus corona Covid-19 tanpa gejala umum.

Berita Terkait

Berita Terkini