Info

Nonton TV dan Film, Sinema Terapi untuk Mental Sehat saat Pandemi Corona

Saat harus tetap berada di rumah pada situasi pandemi corona, rasa bosan dan tertekan sering kali dirasakan, nonton TV dan film bisa jadi solusi yang baik.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi nonton TV. (Pixabay/mojzagrebinfo)
Ilustrasi nonton TV. (Pixabay/mojzagrebinfo)

Himedik.com - Banyak bidang penelitian yang menganggap nonton TV dan film sebagai bagian peningkatan kesehatan mental yang disebut dengan Terapi Sinema. Menurut psikoterapi, menonton TV, film atau berbagai serial bisa membantu meringankan stres dan rasa tertekan saat pandemi corona.

"Bersantai di depan TV adalah cara termudah untuk mengalihkan perhatian atau menghibur diri kita dari perasaan sulit atau hal-hal yang tidak ingin kita lakukan," kata psikoterapis Rachael Snyder pada Insider.

"Itu juga yang digunakan banyak orang untuk mengisi ulang setelah hari yang panjang atau peristiwa yang menegangkan," tambahnya.

Sementara menurut Faith M. Sproul PhD, seorang psikolog berlisensi di Washington DC mengatakan menonton TV cukup dibutuhkan di masa-masa sulit.

"Sebelumnya, orang-orang menonton TV untuk selingan di waktu bekerja. Sekarang, kita perlu melarikan diri dari ketakutan dan kegelisahan yang mungkin disebabkan oleh peristiwa ini," kata Sproul PhD.

Meski disarankan untuk lebih banyak menonton, Anda disarankan untuk menonton hal yang membuat pikiran positif.

Avatar
Avatar

"Banyak dari kita akan memilih film-film bertema 'Contagion' atau 'Outbreak' (film bertema virus). Ini tidak selalu pilihan yang buruk, karena mereka menawarkan wawasan tentang skenario kasus yang lebih buruk dengan akhir yang pasti dibandingkan dengan ketidakpastian yang dialami kebanyakan orang sekarang," kata Sproul.

"Tapi film itu membuat lebih banyak kecemasan pada beberapa orang. Penting untuk menjadi lebih sadar tentang bagaimana TV dan film memengaruhi Anda sehingga Anda dapat menyesuaikan pilihan Anda," tambahnya pada Insider.

Berita Terkait

Berita Terkini