Info

Gejala Kanker Lidah, Penyakit yang Diderita Mendiang Ibu Nunung

Gejala awal kanker lidah lebih mirip dengan sariawan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Nunung dan suaminya [Suara.com/Arya Manggala]
Nunung dan suaminya [Suara.com/Arya Manggala]

Himedik.com - Ibu dari komedian Nunung Srimulat, Juarti Pranowo meninggal dunia di Solo, Minggu (19/4/2020) akibat kanker lidah. Juarti Pranowo telah dimakamkan Senin (20/4/2020) di Solo.

Seperti yang diderita ibunda Nunung, kanker lidah sediri merupakan kanker yang cukup jarang. Dilansir dari WebMD, kanker jenis ini biasanya menyerang orang yang lebih dewasa atau jarang menyerang anak-anak.

Kanker lidah adalah salah satu dari beberapa jenis kanker mulut yang terjadi ketika sel-sel membelah di luar kendali dan membentuk pertumbuhan atau tumor.

Ada dua tipe kanker lidah, yakni kenker yang letaknya terlihat saat lidah dujulurkan. Sementara tipe yang lain terjadi di pangkal lidah di mana terhubung ke tenggorokan. Jenis ini sering didiagnosis setelah menyebar ke kelenjar getah bening di leher.

Melansir dari Alodokter, gejala awal kanker lidah lebih mirip dengan sariawan, munculnya bercak-bercak berwarna merah atau putih pada lidah, dan sakit tenggorokan yang tidak kunjung sembuh.

Ilustrasi (Foto: shutterstock)
Ilustrasi (Foto: shutterstock)

Selain itu, menurut WebMD, tanda pertama dari kanker lidah juga munculnya benjolan atau luka di sisi lidah yang tidak kunjung hilang. Warnanya merah muda, terkadang luka akan berdarah jika disentuh atau tergigit.

Beberapa gejala lain yang mungkin muncul seperti yang dirangkum dari WebMD dan Alodokter, antara lain:

- Nyeri di atau dekat lidah Anda

- Perubahan suara, seperti terdengar serak

- Kesulitan menelan

- Muncul benjolan di daerah mulut dan leher karena pembengkakan kelenjar getah bening

- Rasa kebas terus menerus

- Perdarahan pada lidah tanpa sebab

- Rahang sulit digerakkan

- Penurunan berat badan.

Sayangnya, jika masalahnya ada di pangkal lidah, mungkin gejala fisik tidak akan terlihat. Apabila gejala di atas terjadi beberapa minggu, maka segera periksa diri ke dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini