Info

Irrfan Khan Sempat Alami Infeksi Usus Besar, 5 Makan Ini Bisa Mencegahnya!

Irrfan Khan yang sempat mengalami infeksi usus besar sebelum meninggal perlu dijadikan pelajaran untuk mencari cara pencegahannya.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi usus besar. (Shutterstock)
Ilustrasi usus besar. (Shutterstock)

Himedik.com - Irrfan Khan meninggal dunia diduga karena tumor neuroendokrin yang diderita sejak 2018 silam. Tetapi, Irrfan Khan sempat dilarikan ke rumah sakit karena infeksi usus besar sebelum meninggal dunia.

Infeksi usus besar adalah penyakit yang sangat umum dan mematikan bagi penderitanya. Penyebab infeksi usus besar pun sangat bervariasi antar semua orang.

Tetapi dilansir dari Times of India, Anda bisa mencegah infeksi usus besar seperti yang diderita Irrfan Khan dengan mengonsumsi makanan berikut.

1. Pepaya

Pepaya adalah buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Orang dengan masalah pencernaan dan sembelit sangat disarankan mengonsumsi pepaya. Karena, pepaya mengandung pelumas dan enzim khusus yang membantu membersihkan usus besar.

Ilustrasi buah pepaya yang diimpor dari Meksiko (Pixabay/3centista)
Ilustrasi buah pepaya yang diimpor dari Meksiko (Pixabay/3centista)

2. Mangga

Mangga juga membantu menyediakan serat optimal yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena, mangga mengandung banyak serat untuk meningkatkan proses pencernaan dan menjaga kebersihan usus besar.

3. Apel

Selain baik untuk orang diet, buah apel juga memiliki banyak manfaat kesehatan. Karena, sinfat anti-kanker dan kandungan tinggi serat dalam apel bisa melindungi diri kita dari infeksi usus besar dan membantu detoksifikasi.

Ilustrasi apel dan pisang. (Shutterstock)
Ilustrasi apel dan pisang. (Shutterstock)

4. Cengkeh

Cengkeh tidak hanya sarat dengan antioksidan, tetapi juga memiliki manfaat membunuh bakteri dan melindungi diri dari kanker. Jadi, mengonsumsi cengkeh bisa membantu membuang racun dari usus besar dan mencegah sakit perut.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya juga dikenal sebagai detoxifier hebat yang baik untuk menjaga kesehatan usus besar. Lidah buaya ini memiliki sifat menenangkan pada lapisan usus dan bisa membersihkan kotoran menumpuk di usus besar.

Berita Terkait

Berita Terkini