Info

10 Tips agar Terhindar dari Sakit Punggung saat Work From Home

Tidak semua orang memiliki meja dan kursi kerja yang baik di rumah layaknya di kantor. Ini bisa mengacaukan posisi duduk dan membuat sakit punggung.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi Work From Home. (Pixabay)
Ilustrasi Work From Home. (Pixabay)

Himedik.com - Posisi duduk yang tidak benar saat bekerja dalam jangka panjang dapat menimbulkan sakit punggung dan gangguan lainnya. Inilah sebabnya bekerja dari rumah alias Work From Home (WFH) akibat pandemi corona Covid-19 memberi tantangan tersendiri terkait posisi duduk. 

Sebab, tidak semua orang memiliki meja dan kursi kerja yang baik di rumah layaknya di kantor.

Cara terbaik untuk menghindari sakit punggung adalah mencari posisi duduk saat bekerja senyaman mungkin. Pastikan tidak ada bagian tubuh yang bengkok atau bungkuk.

Untuk lebih jelasnya, berikut 10 tips agar tidak sakit punggung saat WFH, dirangkum dari Time.

1. Lihat layar komputer dengan leher lurus
Letakkan layar komputer/laptop di depan Anda pada ketinggian tampilan yang nyaman. Jangan memiringkan layar sehingga Anda harus memutar leher.

Jika Anda memiliki layar terpisah, mungkin harus meletakkannya di atas tumpukan buku atau di atas kotak kardus untuk menaikkannya ke posisi menonton yang nyaman tepat di depan Anda.

2. Letakkan layar membelakangi jendela
Untuk meminimalkan kemungkinan ketegangan mata visual akibat silau atau adaptasi retina parsial, jangan bekerja dengan punggung menghadap ke jendela, karena cahaya yang masuk akan menyebabkan silau pada layar Anda.

Lebh baik tutup jendela dengan tirai untuk mencegah pantulan cahaya. Lalu letakkan layat komputer Anda membelakangi jendela.

5 Tips Video Call Nyaman Saat Work From Home
Ilustrasi Work From Home

3. Lihat dokumen kertas dengan leher lurus
Jangan membaca dari iPad atau kertas yang diletakkan rata di atas meja sehingga kepala harus terus bergerak ke atas dan ke bawah. Jika Anda perlu bolak-balik antara layar laptop atau komputer dan bahan bacaan terpisah, gunakan tempat dokumen vertikal atau letakkan iPad di dudukan tegak.

4. Letakkan keyboard dan mouse atau touchpad Anda di ketinggian yang nyaman di depan
Pastikan Anda dapat menggunakan keyboard dan mouse dengan lengan dan tangan sejajar serta lurus. Pastikan lengan Anda dekat dengan sisi tubuh saat menggunakan mouse.

Berita Terkait

Berita Terkini