Info

Mata Tegang selama Karantina? Cegah dengan 5 Tips Ini!

Mata tegang dapat terjadi ketika terlalu sering dan lama menatap layar komputer, TV, atau ponsel.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi mata tegang. (Shutterstock)
Ilustrasi mata tegang. (Shutterstock)

Himedik.com - Seperti yang diketahui, terlalu lama menatap layar komputer, TV, maupun ponsel, lama kelamaan dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi mata. Namun sayangnya, sejak ada kebijakan karantina karena pandemi corona, waktu untuk menatap layar gadget makin lama.

Pada akhirnya banyak orang yang mengeluhkan kekeringan, iritasi, kemerahan, hingga mata berair. Terkadang hal ini dapat menyebabkan sakit kepala dan penglihatan menjadi buram, hingga Anda terkena sindrom penglihatan tegang (CVS) atau sindrom mata tegang digital.

Oleh sebab itu, ikuti tips yang dilansir The Health Site ini untuk mengurangi mata tegang.

1. Beristirahat secara berkala

Jika Anda bekerja di depan komputer atau terlalu banyak menonton TV, Anda harus mengalihkan pandangan dari layar secara berkala. Kalau tidak, ini dapat menyebabkan kerusakan otot-otot silia mata.

Hal yang harus Anda lakukan adalah alihkan mata dan fokuskan pada okjek berjarak tiga meter di sekitar Anda selama beberapa detik.

Ilustrasi bekerja/karier/kerja/karyawan. (Pexels/Energepic)
Ilustrasi bekerja di rumah (Pexels/Energepic)

2. Sering berkedip

Jika Anda asyik dengan pekerjaan, Anda akan secara otomatis kurang berkedip. Hal ini menyebabkan mata kering, pandangan buram dan kelelahan mata.

Sering berkedip akan memberi otot mata Anda istirahat yang sangat dibutuhkan. Selain itu, ini akan memfasilitasi sirkulasi kelembaban yang lebih baik di sekitar mata.

3. Putar bola mata Anda

Ini akan mengencangkan otot mata dan merangsang sirkulasi di sekitar mata. Coba putar mata Anda di kedua arah sekitar 20 kali dan lihat perbedaannya.

Mata lelah karena penggunaan smartphone. (shutterstock)
Mata lelah karena penggunaan smartphone. (shutterstock)

4. Pijat mata

Ini sederhana. Gosok-gosokkan kedua telapak tangan Anda untuk menghasilkan panas. Lalu, letakkan kedua telapak tangan di atas mata Anda selama sekitar sepuluh menit. Pijat ini bagus untuk mata Anda.

5. Atur cahaya secara tepat

Harap pastikan bahwa Anda bekerja di ruangan yang cukup terang. Cahaya redup atau fluorescent memberi tekanan lebih pada mata. Anda juga harus menghindari bekerja di ruangan gelap.

Berita Terkait

Berita Terkini